Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Deva Fitriani Milenia, Fauzatul Ma'rufah Rohmanurmeta, Octarina Hidayatus Sholikhah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan membaca siswa kelas V MIN 2 Kota Madiun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 2 Kota Madiun yang berjumlah 185 siswa yang terdiri dari kelas VA sampai dengan VE, dan sampel yang digunakan sebanyak 74 siswa yang terdiri dari kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji keseimbangan, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil dari uji hipotesis diperoleh nilai Thitung 5,708 > Ttabel 1,666, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran CIRC berbantuan media cerita bergambar terhadap kemampuan membaca siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas V MIN 2 Kota Madiun.


Keywords


CIRC; cerita bergambar; kemampuan membaca siswa

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2012). Pelmbellajaran Melmbaca Belrbasis Pelndidikan Karaktelr (N. F. Atif (eld.)). PT Relfika Aditama.

Ali, M. (2020). Pelmbellajaran Bahasa Indonelsia Dan Sastra (Basastra) Di Selkolah Dasar. PElRNIK : Julrnal Pelndidikan Anak Ulsia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pelrnik.v3i2.4839

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Elfelktivitas Modell Pelmbellajaran Tipel Groulp Invelstigation (Gi) Dan Coopelrativel Intelgrateld Relading and Composition (Circ) Dalam Melningkatkan Krelativitas Belrpikir Kritis Dan Hasil Bellajar Ips Siswa Kellas 4. Scholaria : Julrnal Pelndidikan Dan Kelbuldayaan, 6(3), 217. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230

Damayanti, El., Gulnawan, A., Farhulrohman, O., Melmbaca, K., & Siswa, I. (2019). Pelngarulh Pelnelrapan Modell Pelmbellajaran Coopelrativel Intelgrateld Relading and Composition (CIRC) Telrhadap Kelmampulan Melmbaca Intelnsif Siswa. Ibtida’i: Julrnal Kelpelndidikan Dasar, 6(1), 63–78. https://doi.org/https://doi.org/10.32678/ibtidai.v6i01.2491

Mansyulr, Ul. (2018). Pelmbellajaran Inovatif Bahasa Indonelsia Di Selkolah Dasar. Julrnal Fakulltas Sastra: Ulnivelrsitas Mulslim Indonelsia, 6(1), 2. acadelmia.eldul

Niak, Y., Matahelrul, W., & Ngilawayan, D. A. (2018). Pelrbeldaan Hasil Bellajar Siswa Pada Modell Pelmbellajaran Koopelratif Tipel Circ Dan Modell Pelmbellajaran Konvelnsional. Joulrnal of Honai Math, 1(2), 67. https://doi.org/10.30862/jhm.v1i2.1040

Ningrulm, A. S., Salminawati, S., & Rambel, R. N. (2020). Pelngarulh Modell Pelmbellajaran CIRC (Coopelrativel Intelgrateld Relading and Composition) Telrhadap Hasil Bellajar Siswa Pada Mata Pellajaran Bahasa Indonelsia di Kellas IV MIN 4 Meldan. Julrnal Nizhamiyah, 10(2), 31–38. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/niz.v10i1.731

Sulastika, N. S. (2019). Problelmatika Pelmbellajaran Melmbaca Dan Melnullis Pelrmullaan Di Selkolah Dasar. Adi Widya: Julrnal Pelndidikan Dasar, 3(1), 57. https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.905

Taulfik, T., Elrwin, El., & Khatimah, H. (2020). Modell Pelmbellajaran CIRC pada Mata Kulliah Aprelsiasi Sastra “Mantra Mbojo” ulntulk Melningkatkan Krelativitas Mahasiswa. Ainara Joulrnal (Julrnal Pelnellitian Dan PKM Bidang Ilmul Pelndidikan), 1(2), 62–70. https://doi.org/10.54371/ainj.v1i2.15

Witanto, J. (2018). Relndahnya Minat Baca Mata Kulliah Manajelmeln Kulrikullulm. Julrnal Pelrpulstakaan Librarian. https://www.relselarchgatel.nelt/pulblication/324182095


Refbacks

  • There are currently no refbacks.