Pengaruh penggunaan media animasi powtoon terhadap hasil belajar daur hidup hewan kelas 5 sekolah dasar

Nafa Sekar Arum, Nur Samsiyah, Endang Sri Maruti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran berbasis animasi powtoon terhadap pembelajaran daur hidup hewan kelas 5 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan true experimental design dengan bentuk posttest- only kontrol design  sehingga terdapat 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, Hasil penelitian menunjukkan uji hipotesis yang diterima nilai t hitung sebesar 3.242 > t table sebesar 2.024. Kriteria pengujian Ho ditolak apabila, berdasarkan uji hipotesis  nilai maka  ditolak dan  diterima. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengauh penerapan media pembelajaran berbasis animasi terhadap hasil belajar daur hidup hewan kelas 5 SD.


Keywords


media pembelajaran; media animasi powtoon

References


Allen, Mike, Scott Titsworth, and Stephen Hunt. 2013. “Introduction to Quantitative Research.” Quantitative Research in Communication: 1–16.

Fitriyani, Nina. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon Tentang Konsep Diri Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar.” Jurnal Tunas Bangsa 6(1): 104–14. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/950.

Irmayant. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SDN 66 Batu Rape Kabupaten Enrekang.” 2(2): 102–9.

Latifah, Nurul, and Lazulva. 2020. “Desain Dan Uji Coba Media Pembelajaran Berbasis Vidio Animasi Powtoon Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Sistem Periodik Unsur.” 2(1): 26–31.

Lomu, Lidia, and Sri Adi Widodo. 2018. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia 0(0): 745–51.

Nila, and Siti Nurjanah. 2021. “Pengembangan Media Puzzle Berbasis Kartu Kata Bergambar Pada Materi Daur Hidup Hewan Kelas V Di SD Negeri 1 Mendo Barat.” HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education 1(2): 27–37.

Novita, Lina, and Anggun Novianty. 2019. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal Dn Campuran.” 3(1): 46–53.

Setiawan, Bramianto et al. 2021. “Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Daring Di SDN Margorejo I Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur.” Manggali 1(1): 46.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Dan R&D. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.