Pengaruh Media Augmented Reality Pada Mata Pelajaran IPAS Terhadap Hasil Belajar Siswa

Devi Rahma Danti, Bambang Eko Hari Cahyono, Dewi Tryanasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media augmented reality pada mata pelajaran IPAS terhadap hasil belajar siswa kelas III MIN 2 Kota Madiun. Pada penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan metode yang dipakai adalah Quasi Experiment Design. Pola eksperimen yang dipakai yaitu menggunakan rancangan penenlitian kelompok rancangan penelitian kelompok Pretes dan Postes. Adapun rancangan yang dipakai berupa Nonequivalent Control Group Design dengan terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok control. Penelitian ini dilakukan di MIN 2 Kota Madiun kelas IIIC sebagai kelas eksperimen dan IIID sebagai kelas kontrol. Penelitian dilaksanakan pada semestar genap tahun ajaran 2022/2023. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh Thitung = 3,734 dan Ttabel = 2,042 yang berarti Thitung > Ttabel maka H1 diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media Pembelajaran Augmented Reality pada mata pelajaran IPAS terhadap hasil belajar siswa kelas III MIN 2 Kota Madiun.


Keywords


IPAS; Augmented Reality; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Acesta, A., & Nurmaylany, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 346–352. https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.79

Arsyad, A. (2016). MEDIA PEMBELAJARAN . Ed. Revisi, Cet. 19. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Faiza, Maya Nuraini. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran IPS Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa. Jurnal Basicedu, 5(5), 8686 – 8694.

Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202

Kamiana, K A., dkk. (2019). “Pengembangan Augmented Reality Book sebagai Media Pembelajaran Virus Berbasis Android”. KARMAPATI, 8 (2): 6- 7. http://dx.doi.org/10.23887/karmapati.v8i2.18351

Mesliles, M. I., dkk. (2017). “Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Virus dalam Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA (Studi Kasus: SMA Negeri 7 Pontianak)”. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 5 (2). 84-99. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/article/view/18515

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., Sifa, U. N., & Tangerang, U. M. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255.

Prasetya, Septian D & Anistyasari, Y. (2020). “Studi Literatur Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Markeless Terhadap Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal IT-EDU, 5 (1). 472-187. https://ejournal.unesa.ac.id/index. php/it-edu/article/view/37933.

Putri, W. M., dkk. (2016). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Augmented Reality Pada Pokok Bahasan Alat Optik”. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), V. 84. https://doi.org/10.21009/0305010 218.

Qorimah, E. N., & Sutama, S. (2022). Studi Literatur: Media Augmented Reality (AR) Terhadap Hasil Belajar Kognitif. Jurnal Basicedu, 6(2), 2055–2060. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2348

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, November, 289–302.

Sapriyah. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477.

Tasya, N., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomedika, 659–662.

Tekedere, H & Goker, H. (2016). “Examining the Effectiveness of Augmented Reality Application in Education: A Mate-Analysis”. International journal Of Environmental & Science Education, 11 (16): 9470. https://eric.ed.gov/?id=EJ1118774

Zulfahmi, M. (2020). “Potensi Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar dan Respon Siswa”. Jurnal IT-EDU, 5 (1): 340-357. https://ejournal.unesa.ac.id/index. php/it-edu/article/view/37491

Zulfahmi, Mochamad. (2020). Potensi Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Dan Respon Siswa. Jurnal IT-EDU. 5(1), 334-343


Refbacks

  • There are currently no refbacks.