Penerapan model discovery learning berbasis hots untuk meningkatkan hasil belajar ipa kelas v sdn tamanan 2
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan Model Discovery Learning berbasis HOTS di kelas V SDN Tamanan 2. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dibagi menjadi dua bagian dengan empat tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif sederhana dan kualitatif triangulasi. Hasil penelitian ini adalah dengan penerapan model discovery learning berbasis HOTS di SDN Tamanan 2 dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar IPA. Melalui data yang sudah dikumpulkan kemudian diolah, maka terlihat bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPA yang signifikan. Sehingga, pemecahan masalah yang dilakukan melalui penerapan model discovery learning berbasis HOTS dapat dinyatakan berhasil. Adapun kelebihan dari penerapan model discovery learning berbasis HOTS yaitu meningkatkan hasil belajar siswa, model discovery learning berbasis HOTS dapat meningkatkan kerjasama siswa dalam kelompok, meningkatkan keaktifan siswa. Sedangkan kekurangan dari penerapan model discovery learning berbasis HOTS yaitu kegaduhan di kelas yang kurang dapat dikendalikan, dan membutuhkan waktu lebih banyak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ana, N. Y. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 21–28. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851
Fatimah. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Metode Demonstrasi Dikelas V SDN 10 Biau. Jurnal Kreatif Online, 5 No.4.
Hanifah, N. (2014). Memahami penelitian tindakan kelas (teori dan aplikasi). UPI Press.
Safitri, A. O., Handayani, P. A., & Yunianti, V. D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD, 6, 9106–9114.
Sakila, S. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Yang Berorientasi Hots Dalam Pembelajaran Materi Teks Deskripsi Di Kelas Vii. Sirok Bastra, 8(2), 233–245. https://doi.org/10.37671/sb.v8i2.188
Sani, Abdullah, R. (2014). Metode Pembelajaran Saintifik. Bumi Aksara. http://digilib.unimed.ac.id/1630/
Saputra, H. (2016). Pengembangan mutu pendidikan menuju era global : penguatan mutu pembelajaran dengan penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Smile`s Publishing.
Setiawan, A. R. (2019). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 4(1), 51–69. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298
Setiawati, N. A. (2017). PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI PILAR PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA - Digital Repository Universitas Negeri Medan. Digital Repository Universitas Negeri Medan, Vol. 1 No. http://digilib.unimed.ac.id/27544/
Sudirama, P. P., Ngurah Japa, I., Pt, L., & Yasa, Y. (2021). Journal for Lesson and Learning Studies Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 165–173. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS
Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran Make a Match untuk Pembelajaran IPA yang Menyenangkan. Jurnal Taman Cendekia, Vol 1 No.
Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2014). Metodologi pembelajaran IPA : disesuaikan dengan pembelajaran kurikulum 2013. Bumi Aksara.
Yunus, M. (2016). Profesionalisme Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 19(1), 112–128. https://doi.org/10.24252/lp.2016v19n1a10
Refbacks
- There are currently no refbacks.