Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) di SDN Kraton 2 Maospati

Sabrina Budi Permata Putri, Vivi Rulviana, Apri Kartikasari HS

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dalam membekali kemampuan literasi dan numerasi siswa menyelesaikan soal AKM di SDN Kraton 2 Maospati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan menggunakan metode studi kasus untuk mendeskripsikan proses dalam membekali siswa dengan kemampuan literasi dan numerasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti kepada subjek penelitian yakni kepala sekolah, guru kelas dan siswa kelas 5 di SDN Kraton 2 Maospati. Teknik analisis data dilaksanakan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dalam membekali siswa dengan kemampuan literasi numerasi dalam menyelesaikan soal AKM menunjukkan bahwa untuk menghasilkan kegiatan pembelajaran yang berorientasi maka guru melaksanakan kegiatan mulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi ketercapaian dalam pembelajaran. Guru menggunakan perangkat pembelajaran yang berbasis pada literasi dan numerasi untuk menghasilkan pembelajaran yang bermakna. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan mengaitkan materi dengan konteks permasalahan yang ada pada kehidupan sehari-hari. Ketercapaian siswa diukur melalui evaluasi yang diberikan oleh guru melalui pemberian soal-soal yang berbasis pada AKM. Sekolah juga memfasilitasi siswa dengan ekstrakurikuler komputer agar siswa lebih mahir dalam mengoperasikan komputer.


Keywords


Kemampuan literasi dan numerasi; Asesmen Kompetensi Minimum

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2021). PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKM (M. Rizal Rumra (ed.)). Bumi Aksara. https://www.google.co.id/books/edition/Pembelajaran_Berorientasi_AKM/vo8lEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=AKM&printsec=frontcover

Cahyanovianty, A. dwi, & Wahidin. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 05, No.02, 2(4), 217.

Ermiana, I., Umar, Khair, B. N., Fauzi, A., & Sari, M. P. (2021). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SD Inklusif dalam Memecahkan Masalah Soal Cerita. Journal of Elementary Education, 04(6), 895–105.

Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400

Maharani, B., & Wahidin, W. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Peserta Didik Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Basicedu, 6(4), 5656–5663. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3097

Moleong, L. J. (2016). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. PT Remaja Rosdakarya.

Muliasari, E. A., Apriliya, S., & Saputra, E. R. (2022). Implementasi Program Asesmen Nasional di Sekolah Dasar. 6(September), 199–210.

Niken Palupi, A., Ervina Widiyastuti, D., Nurul Hidhayah, F., DWU, F., & Rias Wana, P. (2020). PENINGKATAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR (Tim Editor Bayfa-Edu (ed.)). CV. Bayfa Cendekia Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/PENINGKATAN_LITERASI_DI_SEKOLAH_DASAR/cI4mEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=literasi+sekolah&printsec=frontcover

Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385

Putri, R., Lestari, S., & Pratiwi, C. P. (2022). Implementasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 785–791. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/2972%0Ahttp://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/download/2972/2333

Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D. ALFABETA.

Suyono, Titik, H., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116–123. http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/3050

Tressa Linanda, & Hendriawan, D. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Lensa Pendas, 7(2), 85–96. https://doi.org/10.33222/jlp.v7i2.1836

Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Sri Cacik. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090


Refbacks

  • There are currently no refbacks.