Upaya penigkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipas menggunakan metode pembelajaran TGT (teams games tournaments) dengan media gambar pada siswa kelas IV SDN Gendingan 04

Tribantoro Guntoro, Eni Winarsih, Rohmah Rohmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran TGT ( Teams Games Tournaments ) dengan menggunakan media Gambar  pada siswa kelas IV SD NEGERI GENDINGAN 04. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi,  tes, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa setelah melakukan penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri Gendingan 04 melalui pembelajaran siklus I dan siklus II. model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantu media gambar mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil itu terbukti dari peningkatan hasil belajar dari muaiDapat disimpulkan bahwa penerapan Pra siklus dengan rata-rata 76,75  dan persentasenya adalah 35,5%. Siklus I yaitu terdapat rata-rata 88,64  dengan persentase ketuntasan 58,8% dan Siklus II yaitu dengan rata-rata 99,52 dan persentase 88,2%. Hasil penelitian akan digunakan sebagai dasar untuk mengembangkanpraktik pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. 

Keywords


Hasil Belajar, TGT, IPAS

Full Text:

PDF

References


Agustini, M,. Dibia, Kt. & Suartama, Kd. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Flip Chart Terhadap HasilBelajar IPA Siswa Kelas V SD.MIMBAR PGSD, 2 (1), 1-11.

Aqib, Z,. Diniati, E. Jaiyaroh, S. &Khotimal, K . (2008). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SMP, SMA, SMK. Bandung: CV.Yrama Widya.

Badan Standar Nasional Pendidikan.(2006). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta .

Bunga, M. Y. R. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Bala Keselamatan Jono Oge Melalui Penerapan ModelPembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament.Elementary School of Education Tadulako, 1 (4), 1-12.

Damanhuri,. Hakim, Zerri Rahman. & Pratiwi, Mega Utami. (2016). Penerapan Model PembelajaranInquiri Tehadap Hasil BelajarSiswa Sekolah Dasar Pada MataPelajaran IPS. Jurnal PendidikanSekolah Dasar, 2 (2), 156-165.

Darmawati, H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran KooperatifTipe Team Games Tournament(TGT) dan Aktivitas SettingLingkungan Terhadap HasilBelajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Kelas VI SD Negeri 002 Rambah KabupatenRokan Hulu. Edu Research, 5(1), 5-14.

Donggeari, J. P,. Husain, Sarjan N. & Paudi, Ritman Ishak. (2016).Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA (Sistem Pernapasan Manusia dan Hewan) dengan Metode Pembelajaran Tipe TGT di Kelas V SDKBangkara. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4 (6), 22-34.

Ernawati, F,. Hendracipta, N. & Nurhasanah, A. (2016). Perbandingan Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Pendekatan Guided Discovery dan Pendektana CTL (Contextual Teaching Learning). Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2 (2), 205-214.

Ernawati, N. P. D,. Putra, I. K. A. & Suadnyana, I. N. (2013). Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams GamesTournaments (TGT) Terhada Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD N Gugus 6 Mengwi, Badung. MIMBAR PGSD, 1, 110

Hasim, M,. Wibawa, I Made Citra. & Renda, Ndara Tanggu. (2016). Penerapan model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD, 6 (3), 1-12.

Kesuma. A (2013). Menyusun PTK ItuGampang. Jakarta: Erlangga

Kesumaningrum, C. N. & Syachruroji, A. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Siswa Menggunakan ModelPembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan Ekspositori pada Konsep Energi. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2 (2), 181-191.

Muslim, T. F,. Irianto, Dede Margo. &Sutini, Ai. (2015). Penerapan Model Team Games Tournament (TGT) untuk MeningkatkanPrestasi Belajar Siswa PadaPembelajaran Konsep Energi danPerubahannya. Jurnal PGSDKampus Cibiru, 3 (2), 1-14.

Putra, I. K. A. B,. Kusmariyatni, Ni Nym. & Wibawa, I Md. Citra.(2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV di Gugus VIII Kecamatan Kubutambahan. MIMBAR PGSD, 2 (1), 1-12.

Rusnandi, N. M,. Parmiti, Dsk. Pt. &Arini, Ni Wy. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Untuk MeningkatkanKemampuan Berpikir Kritis danHasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD, 1, 1-10.

Sugiartana, M. S,. Sudana, Dw. Nym. & Arini, Ni Wyn. (2013). Penerapan Model TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VB SD Negeri 3 Banjar Jawa. MIMBAR PGSD, 1, 1-10.

Suastini, D. P,. Zulaikha, Siti. & Manuaba, I.B. Surya. (2013). Pengaruh Teams Games Tournaments Melalui Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber BelajarTerhadap Hail Belajar IPA Kelas IV SD Gugus VII. MIMBAR PGSD, 1, 1-12.

Sudamayanto, K,. Darsana, I Wayan. &Putra, I Ketut Adnyana. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT BerbantuanMedia Gambar UntukMeningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD N 1 Mundeh Kangin. MIMBAR PGSD, 2 (1), 1-10.

Taniredja, T,. Efi Miftah Faridli, & Sri Harminto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: ALFABETA

Widayanti, E. K. & Slameto. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Teams Games Tournament Berbantuan Permainan Dadu Terhadap Hasil Belajar IPA. Ejournal SCHOLARIA, 6 (3), 182195.

Wahyuni, T,. Warsiti. & Joharman. (2015). Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT dalam peningkatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD N 1 Grititirto Tahun Ajaran 2012/2013. KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN, 3 (1), 1-9.

Widyaningrum, H. K., Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Dwi, E. N., Saddhono, K., & Supratmi, N. (2020). The use of Edmodo apps in flipped classroom learning. How is the students’ creative thinking ability?. Ingenierie des Systemes d'Information, 25(1), 69.

Yandari, I. & Kuswaty, M. (2017). Penggunaan Media Monopoli Tehadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3 (1), 10-16.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.