Upaya penigkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipas menggunakan metode pembelajaran TGT (teams games tournaments) dengan media gambar pada siswa kelas IV SDN Gendingan 04
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustini, M,. Dibia, Kt. & Suartama, Kd. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Flip Chart Terhadap HasilBelajar IPA Siswa Kelas V SD.MIMBAR PGSD, 2 (1), 1-11.
Aqib, Z,. Diniati, E. Jaiyaroh, S. &Khotimal, K . (2008). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SMP, SMA, SMK. Bandung: CV.Yrama Widya.
Badan Standar Nasional Pendidikan.(2006). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta .
Bunga, M. Y. R. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Bala Keselamatan Jono Oge Melalui Penerapan ModelPembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament.Elementary School of Education Tadulako, 1 (4), 1-12.
Damanhuri,. Hakim, Zerri Rahman. & Pratiwi, Mega Utami. (2016). Penerapan Model PembelajaranInquiri Tehadap Hasil BelajarSiswa Sekolah Dasar Pada MataPelajaran IPS. Jurnal PendidikanSekolah Dasar, 2 (2), 156-165.
Darmawati, H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran KooperatifTipe Team Games Tournament(TGT) dan Aktivitas SettingLingkungan Terhadap HasilBelajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Kelas VI SD Negeri 002 Rambah KabupatenRokan Hulu. Edu Research, 5(1), 5-14.
Donggeari, J. P,. Husain, Sarjan N. & Paudi, Ritman Ishak. (2016).Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA (Sistem Pernapasan Manusia dan Hewan) dengan Metode Pembelajaran Tipe TGT di Kelas V SDKBangkara. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4 (6), 22-34.
Ernawati, F,. Hendracipta, N. & Nurhasanah, A. (2016). Perbandingan Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Pendekatan Guided Discovery dan Pendektana CTL (Contextual Teaching Learning). Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2 (2), 205-214.
Ernawati, N. P. D,. Putra, I. K. A. & Suadnyana, I. N. (2013). Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams GamesTournaments (TGT) Terhada Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD N Gugus 6 Mengwi, Badung. MIMBAR PGSD, 1, 110
Hasim, M,. Wibawa, I Made Citra. & Renda, Ndara Tanggu. (2016). Penerapan model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD, 6 (3), 1-12.
Kesuma. A (2013). Menyusun PTK ItuGampang. Jakarta: Erlangga
Kesumaningrum, C. N. & Syachruroji, A. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Siswa Menggunakan ModelPembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan Ekspositori pada Konsep Energi. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2 (2), 181-191.
Muslim, T. F,. Irianto, Dede Margo. &Sutini, Ai. (2015). Penerapan Model Team Games Tournament (TGT) untuk MeningkatkanPrestasi Belajar Siswa PadaPembelajaran Konsep Energi danPerubahannya. Jurnal PGSDKampus Cibiru, 3 (2), 1-14.
Putra, I. K. A. B,. Kusmariyatni, Ni Nym. & Wibawa, I Md. Citra.(2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV di Gugus VIII Kecamatan Kubutambahan. MIMBAR PGSD, 2 (1), 1-12.
Rusnandi, N. M,. Parmiti, Dsk. Pt. &Arini, Ni Wy. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Untuk MeningkatkanKemampuan Berpikir Kritis danHasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD, 1, 1-10.
Sugiartana, M. S,. Sudana, Dw. Nym. & Arini, Ni Wyn. (2013). Penerapan Model TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VB SD Negeri 3 Banjar Jawa. MIMBAR PGSD, 1, 1-10.
Suastini, D. P,. Zulaikha, Siti. & Manuaba, I.B. Surya. (2013). Pengaruh Teams Games Tournaments Melalui Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber BelajarTerhadap Hail Belajar IPA Kelas IV SD Gugus VII. MIMBAR PGSD, 1, 1-12.
Sudamayanto, K,. Darsana, I Wayan. &Putra, I Ketut Adnyana. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT BerbantuanMedia Gambar UntukMeningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD N 1 Mundeh Kangin. MIMBAR PGSD, 2 (1), 1-10.
Taniredja, T,. Efi Miftah Faridli, & Sri Harminto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: ALFABETA
Widayanti, E. K. & Slameto. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Teams Games Tournament Berbantuan Permainan Dadu Terhadap Hasil Belajar IPA. Ejournal SCHOLARIA, 6 (3), 182195.
Wahyuni, T,. Warsiti. & Joharman. (2015). Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT dalam peningkatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD N 1 Grititirto Tahun Ajaran 2012/2013. KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN, 3 (1), 1-9.
Widyaningrum, H. K., Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Dwi, E. N., Saddhono, K., & Supratmi, N. (2020). The use of Edmodo apps in flipped classroom learning. How is the students’ creative thinking ability?. Ingenierie des Systemes d'Information, 25(1), 69.
Yandari, I. & Kuswaty, M. (2017). Penggunaan Media Monopoli Tehadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3 (1), 10-16.
Refbacks
- There are currently no refbacks.