Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Card Education Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar

Djova Ika Rosalia, Nur Samsiyah, Vivi Rulviana

Abstract


Penelitian ini berencana untuk menentukan peningkatan kemampuan membaca yang diawali dengan pemanfaatan media pembelajaran kartu pada siswa kelas I sekolah dasar. penelitian yang digunakan dalam penelitian memanfaatkan Penjelajahan Kegiatan Balai Belajar (PTK) atau Classroom Action Research. Subyek dalam kajian ini adalah siswa kelas I A di SDN 02 Pandean berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Strategi pemilahan informasi dalam Penjajakan Kegiatan Balai Studi (PTK) ini adalah sebagai berikut persepsi, tes, dokumentasi, wawancara. Sistem pelaksanaan Penjajakan Kegiatan Balai Studi (PTK) dilakukan secara bergiliran (siklus), setiap siklus terdiri dari empat tahapan/perencanaan, yaitu: penyusunan, pelaksanaan, persepsi, dan refleksi. Hasil eksplorasi menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I dan siklus II dengan memanfaatkan media pembelajaran card eduaction.

Keywords


Peningkatan; Membaca Permulaan; Media Card Education.

Full Text:

PDF

References


Amini, Nur, and Suyadi Suyadi. 2020. “Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini.” PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini 9(2): 119–29.

Hapsari, Estuning Dewi. 2019. “Penerapan Membaca Permulaan Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa.” AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra 20(1): 10–24.

Haryadi, Rofiq Noorman. 2020. “PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SMA Negeri 99 Jakarta.” Jurnal Manajemen Bisnis dan Keuangan 1(2): 14–30.

Herlina, Emmi Silvia. 2019. “Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0.” Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan 5: 355.

Kharizmi, Muhammad. 2015. “Feldpostbrief Des Staatlichen Gymnasiums Dresden-Neustadt.” Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar 2(2): 11–21.

Lubis, Silvia sandi wisuda. 2020. “MEMBANGUN BUDAYA LITERASI MEMBACA DENGAN PEMANFAATAN MEDIA JURNAL BACA HARIAN.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 9(1): 127–35.

Mahendrawani, Ainun. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Permainan Kartu Kata Bergambar Pada Kelompok A TK Dharma Wanita Loyok.” Nusantara Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 1(2): 88–109. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/252.

Mailani, Okarisma, Irna Nuraeni, Sarah Agnia Syakila, and Jundi Lazuardi. 2022. “Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia.” Kampret Journal 1(1): 1–10.

Mulyati, Yeti. 2014. Hakikat Keterampilan Berbahasa Hak i k at Ke t e r Am p i l an Ber b Ah Asa.

Pratama, Yoga Adi, Wagiran Wagiran, and Haryadi Haryadi. 2022. “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar.” Journal of Elementary School (JOES) 5(2): 348–60.

Pridasari, Fifin, and Siti Anafiah. 2020. “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Di Sdn Demangan Yogyakarta.” TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 6(2): 838–44.

Syaharani, N. T., & Pradana, L. N. (2022). Saintifik CIRC Model: Keefektivannya Dalam Keterampilan Membaca Siswa. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 267-275.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.