Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan kognitif siswa kelas v pada mata pembelajaran tematik di sdn 01 manguharjo

Amalia Rosanti, Octarina Hidayatus Sholikhah, Sri Budyartati

Abstract


Sejauh ini pembelajaran tematik di SDN 01 Manguharjo hanya menggunakan metode konvensional yaitu diskusi dan ceramah. Padahal pada pembelajaran tematik khususnya muatan IPA memerlukan eksperimen yang dapat dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap kemampuan kognitif siswa kelas V di SDN 01 Manguharjo pada pembelajaran tematik “Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita pada Muatan IPA. Sampel yang digunakan pada penelitian ini peserta didik kelas V SDN 01 Manguharjo berjumlah 40 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu RPP dan soal tes pilihan ganda berjumlah 25 soal. Berdasarkan hasil analisis dari uji-t, diperoleh nilai signifikansi 0.001 < 0.05 maka keputusan yang diperoleh yaitu H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh penggunaan metode inkuiri terbimbing terhadap kemampuan kognitif siswa kelas V SDN 01 Manguharjo. Artinya terdapat perbedaan antara nilai hasil pretest dan posttest dan terdapat adanya pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap kemampuan kognitif siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing memiliki pengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa kelas V SD.


Keywords


Model pembelajaran, inkuiri terbimbing, kemampuan kognitif

Full Text:

PDF

References


Dyah, E., & Pradita, A. (N.D.). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif The Influence Of Guided Inquiry Model Towards Cognitive Learning Result. In Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi (Vol. 19).

Falahudin, I., Wigati, I., & Pujiastuti, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Materi Pengelolaan Lingkungan Di Smp Negeri 2 Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin. In Jurnal Bioilmi (Vol. 2, Issue 2).

Insyasiska, D., Zubaidah, S., Susilo, H., Negeri, S., & Agus Salim, J. K. (N.D.). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi.

Iswatun, I., Mosik, M., & Subali, B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kps Dan Hasil Belajar Siswa Smp Kelas Viii. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 3(2), 150. Https://Doi.Org/10.21831/Jipi.V3i2.14871

Lovisia, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar. Science And Physics Education Journal (Spej), 2(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.31539/Spej.V2i1.333

Luh, N., Jurusan, M., Guru, P., & Dasar, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd No. 2 Canggu.

Masruri, M., Taufiq, M., Hidayat, M. T., & Ghufron, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar (Kognitif) Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2).

Meo, L., Weu, G., & Bs, Y. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 38–52. Https://Doi.Org/10.38048/Jipcb.V8i1.101

Nurmayani, L., Doyan, A., & Nyoman Sri Putu Verawati, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. In Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (Vol. 4, Issue 1).

Nyoman Sri Putu Verawati, N., & Asy, M. (2016). Study Of Higher Order Thinking Skills Among Prospective Teachers View Project Study Of Higher Order Thinking Skills Among Students View Project Saiful Prayogi Ikip Mataram. Https://Doi.Org/10.18269/Jpmipa.V21i2.823

Rachman Tiro, A., & Risakotta, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Materi Panca Indra Manusia Bagi Siswa Sekolah Dasar. In Jurnal Papeda (Vol. 2, Issue 1).

Romiyansah, R., Karim, K., & Mawaddah, S. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). Https://Doi.Org/10.20527/Edumat.V8i1.8342

Septiani, T., Prima, N., & Nisak, ) Fitri. (2019). Meta-Analisis Model Inquiry Based Learning Untuk Pembelajaran Ipa Dan Fisika Pada Abad 21. In Physics Education (Vol. 12, Issue 4).

Sesunan, F., Abdurrahman, Nurulsari, N., & Maulina, H. (2021). Penyusunan Unit Pembelajaran Inquiry Based Learning Berorientasi Kemampuan Abad 21. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 312–319. Https://Doi.Org/10.31849/Dinamisia.V5i2.4377

Siti Sundari, F., & Indrayani, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (Jppguseda), 02, 72–75. Http://Journal.Unpak.Ac.Id/Index.Php/Jppguseda,

Sunarya Amijaya, L., Ramdani, A., & Merta, W. (2018). Effect Of Guided Inquiry Learning Model Towards Student Learning Outcomes And Critical Thinking Ability. J. Pijar Mipa, 13(2), 94–99. Https://Doi.Org/10.29303/Jpm.V13.I2.468

Wayan Juniati, N., & Wayan Widiana, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. In Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar (Vol. 1, Issue 1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.