Pengaruh model pembelajaran talking stick berbantuan media question box terhadap hasil belajar ipa kelas 5 sekolah dasar

Fitria Nur Aini, Endang Sri Maruti, Nur Samsiyah

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran talking stick berbantuan media question box terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar. Desain penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian pendekatan kuantitatif, dengan desain penelitian quasi eksperimenal design dan jenis penelitian nonequivalent control grup design. Penelitian ini membandingkan kelompok yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompo kontrol. Populasi terdiri dari seluruh siswa kelas 5 MIN2 Kota Madiun dengan sampel yang diambil yaitu siswa kelas 5A dan 5B. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes lalu dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Question Box berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 5. Hasil penenlitian menunjukkan perbedaan rata-rata nilai kelas eksperimen 80, sedangkan kelas kontrol 69. Pernyataan tersebut semakin dikuatkan dengan hasil uji T yang memiliki nilai signifikansi > 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05. Apabila nilai signifikansi > 0,05 maka Ha diterima dengan keterangan ada pengaruh penerapan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Question Box terhadap hasil belajar IPA siswa.


Keywords


Model pembelajaran talking stick, media question box, hasil belajar ipa

Full Text:

PDF

References


Hasrudin, F., & Asrul, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA di SD Inpres 16 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(2), 94–102. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i2.521

Kamarudin, K., Irwan, I., & Daud, F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pkn. Jurnal Basicedu, 5(4), 1847–1854. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1059

Mariah, M., Sarkadi, S., & Ibrahim, N. (2020). The Effect of Talking Stick Learning Model Toward Students’ History Learning Outcomes. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 5(2), 213–220. https://doi.org/10.26618/jed.v5i2.3415

Meganingtyas, B. R., Winarni, R., & Murwaningsih, T. (2019). The Effect of Using Course Review Horay and Talking Stick Learning Methods Towards Social Science Learning Result Reviewed From Learning Interest. International Journal of Educational Research Review, 190–197. https://doi.org/10.24331/ijere.518053

Novita, L., Sukmanasa, E., & Yudistira Pratama, M. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. © 2019-Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 66. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/22103/10859

Sastrawan, P. A. P., & Sudana, D. N. (2021). Mind Mapping Assisted Talking Stick Learning Model on Speaking Skills. Journal of Education Technology, 4(4), 495. https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.27103

Siregar, R. H., & Ritonga, M. (2022). The Influence of Talking Stick Learning Models on Students’ Mathematics Learning Motivation at Class X MAN 1 Padangsidimpuan. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 10(2), 225–238. https://doi.org/10.24952/logaritma.v10i2.6131

Suseno, L. C., Haryanto, H., & Anafiah, S. (2020). Talking Stick Learning Model, How Significant Has the Impact on the PGSD Students’ Speaking Skills? Jurnal Ilmu Pendidikan, 26(2), 66. https://doi.org/10.17977/um048v26i2p66-72

Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878

Wijayanti, L., Sukwatus Sujai, I., & Septi Nur Afifah, D. (2019). Effect of cooperative learning model type of talking stick against student learning. Journal of Physics: Conference Series, 1339(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1339/1/012083

Wulandari, A. R., Masturi, M., & Fakhriyah, F. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Youtube terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3779–3785. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1251


Refbacks

  • There are currently no refbacks.