Media Pembelajaran Flipbook Untuk Menambah Pemahaman Siswa Pada Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Pada Siswa Kelas V Sdn Glonggong 04

Citra Prameswari, Pinkan Amita Tri Prasasti, Naniek Kusumawati

Abstract


Flipbook adalah buku dengan dukungan media digital seperti animasi, gambar, video, dan audio. Pada saat observasi siswa kurang bergitu memperhatikan guru saat menerangkan materi karena media yang digunakan kurang begitu menarik perhatian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flipbook untuk menambah pemahaman siswa pada kelas V SDN Glonggong 04 Kabupaten Madiun dengan media pembelajaran yang mudah digunakan. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan R&D model Borg n Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket atau kuinsioner. Hasil penelitian menunjukkan bahawa: (1) pengembangan  media pembelajaran flipbook untuk menambah pemahaman siswa pada kelas V SDN Glonggong 04 Kabupaten Madiun yaitu pegumpulan informasi, perencanaan, mengembangan produk awal, uji lapangan awal yang telah divalidasi oleh 3 validator ahli dan respon guru dan siswa. (2) pengujian kelayakan hasil validasi para ahli, respon guru dan siswa mendapatkan presentase dari ahli materi 91%, ahli media 91%, ahli bahasa 78% dan mendapatkan revisi sesuai saran dan mendapatakan presentase setelah revisi 91%, respon guru mendapatkan presentase 92%, dan respon siswa medapatkan 84% dan semuanya mendapatakan kriteria “sangat valid”. Dapat di simpulkan bahwa media pembelajaran flipbook layak digunakan  untuk siswa sekolah dasar

Keywords


Flipbook; Pemahaman Siswa; Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Cahya, T. R. T. W., Prasasti, P. A. T., & Kusumawati, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis STEM dalam Peningkatan Kemampuan Literasi Sains di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3469–3474. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.870 American Psychiatric Association. (2019). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (4th ed.). Washington, DC: Author.

Intan Talitha, R., & Cempaka Sari, T. (2016). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Menghargai Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia Pada Pembelajaran Ips Kelas V Sdn Cijati. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 1(2), 231–241. https://doi.org/10.36989/didaktik.v1i2.29

Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).

Dayanti, Z. R. (2021). Pengembangan bahan ajar elektronik flipbook dalam Pembelajaran Seni Rupa Daerah siswa kelas V di Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(5), 704-711

Martalia, R., Prasasti, P. A. T., & Kusuma, N. (2022). Analisis Bahan Ajar E-Book Berbasis Project Based Learning dalam Menguatkan Literasi Sains Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 82-86.

Prihatiningtyas, S., & Sholihah, F. N. (2020). Physics Learning By E-Module. LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Rokhayati, I. T., Prasasti, P. A. T., Maruti, E. S., & Irawan, N. (2022). Quality of E-Book Teaching Materials with Scientific Inquiry Approach in Strengthening Science Literacy for Elementary School Students. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 5(3), 235. https://doi.org/10.31764/ijeca.v5i3.10252

Sugiyono, 2019, metode penelitian kuantitaf, kualitatif, dan R&D. ALFABETA cv. Bandung

Yulianti. (2021). Penanaman Nilai Toleransi dan Keberagaman Suku Bangsa Siswa Sekolah Dasar melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 60–70.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.