Pemahaman Konsep Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Bangun Datar melalui Pembelajaran Kontekstual pada Siswa Kelas VI SDN 02 Pandean Madiun

Hevi Jenista Dian Febriani, Raras Setyo Retno, Sri Budyartati

Abstract


Pemahaman konsep siswa pada kelas VI SDN 02 Madiun yang beragam perlu dipetakan untuk membantu guru memaksimalkan potensi siswa. Penggunaan pemahaman konsep dan masalah kontekstual pada matematika dapat membuat siswa mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Pada siswa kelas VI SDN 02 Pandean Madiun, penelitian ini mencoba mengukur pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi bangun datar melalui pembelajaran kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sampel yang digunakan sebanyak 27 siswa. Berdasarkan hasil pengujian menunjukan bahwa siswa dengan kemampuan pemahaman konsep tinggi mampu memahami konsep bangun datar pada pemecahan masalah kontekstual dengan baik, siswa dengan kemampuan pemahaman konsep sedang kurang mampu memahami konsep bangun datar pada pemecahan masalah kontekstual dengan baik dan siswa dengan kemampuan pemahaman konsep rendah tidak mampu memahami konsep bangun datar pada pemecahan masalah kontekstual dengan baik. Simpulan pada penelitian ini terdapat 3 kategori pada siswa yaitu siswa memiliki kategori pemahaman konsep yang meliputi pemahaman konsep tinggi, pemahaman konsep sedang, dan pemahaman konsep rendah.


Keywords


Pemahaman Konsep, Masalah Matematika; Pembelajaran Kontekstual; Bangun Datar

Full Text:

PDF

References


Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5113–5126. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2659

Hasanah, N., Asih, T. S. N., & ... (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Fostering Communities of Learners. … Nasional Matematika, 2, 622–628. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29208%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/download/29208/12878

Jayanti, M. D., Irawan, E. B., & Irawati, S. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2000, 671–678.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA.

Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN Dengan Menggunakan Metode Open Ended Di Bandung Barat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 178–186. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.94

Melani, S., Amaliyah, A., & Puspita Rini, C. (2021). Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas V Sdn Sudimara 13 Ciledug Kota Tangerang. Berajah Journal, 2(1), 6–15. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.42

Purba, D., & Lubis, R. (2021). Pemikiran George Polya Tentang Pemecahan Masalah. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 25–31. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu

Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri Pada Siswa SMA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 326. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4917

Umar, U., Hasratuddin, H., & Surya, E. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Model Think Aloud Pair Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Negeri 067248 Medan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3402–3416. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1884

Wahab, A., & Junaedi. (2023). ADMA : Pelatihan Pembelajaran Matematika Inovatif di Sekolah Dasar ADMA : ADMA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 331–338. https://doi.org/10.30812/adma.v3i2.2011

Yohanes, F., & Sutriyono. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Taksonomi Bloom Dalam Menyelesaikan Soal Keliling dan Luas Segitiga Bagi Siswa Kelas VIII. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1), 11–22.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.