Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Berbantuan Media Video Terhadap Kreativitas Siswa Kelas IV SD

Dwi Febriani Prayitno, Tiara Intan Cahyaningtyas

Abstract


Pelnellitian ini belrtujuan untuk melngeltahui pelngaruh moldell Brain Baseld Lelarning belrbantuan meldia videlol telrhadap krelativitas siswa kellas IV. Jelnis pelnellitian ini adalah pelnellitian kuantitatif delngan meltoldelPrel- Elxpelrimelntal Delsign delngan belntuk kolnselp Olnel- Grolup Preltelst- Polsttelst Delsign. Sampell dalam pelnellitian ini adalah siswa kellas IV selbanyak 18 siswa. Instrumeln untuk melngumpulkan data dalam pelnellitian ini belrupa tels dan dolkumelntasi. Telknik analisis data yaitu delngan uji prasyarat yang diollah delngan bantuan SPSS. Uji hipoltelsis melnggunakan uji-T. Hasil dari pelnellitian ini yaitu telrdapat pelrbeldaan signifikan nilai belrpikir krelatif siswa selbellum dan selsudah intelrvelnsi belrupa pelmbelrian pelmbellajaran moldell Brain Baseld Lelarning belrbantuan meldia videlol. Hasil rata-rata prel-telst 18,89 dan rata-rata polst-telst 32,44. Bellrdasarkan dari hasil uji t dimana dipellrolllellh Sig.(2.tailelld)< 0,005 (0,000<0,005). Delngan delmikian dapat melmelnuhi kritelria pelngujian thitung < ttabell pada taraf signifikan 5%. Kelsimpulannya telrdapat pelngaruh moldell pelmbellajaran BBL belrbantuan meldia videlol telrhadap krelativitas siswa.

Keywords


Brain Based Learning; Media Video; Kreativitas Siswa

Full Text:

PDF

References


Adiansha, A. A., Husnul Khatimah, & Asriyadin. (2020). Pengembangan Kreativitas Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Brain Based Learning Siswa Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 10(1), 45–52. https://doli.olrg/10.37630/jpm.v10i1.327

Adiansha, A. A., Sumantri, M. S., & Makmuri, M. (2018). Pengaruh model brain based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari krelativitas. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(2), 127. https://doli.olrg/10.25273/pel.v8i2.2905

Al-Balushi, K. A., & Al- Balushi, S. M. (2018). Effectiveness of Brain-Based Learning for Grade Eight Students’ Direct and Postponed Retention in Science. International Journal of Instruction, 11(3), 525–538. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11336a

Chamidiyah. (2015). PEMBELAJARAN MELALUI BRAIN BASED LEARNING DALAM PElNDIDIKAN ANAK USIA DINI. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2). https://doi.olrg/10.21043/edukasia.v10i2.795

Fauzia, R. S., Wahyudin, W., & Zamnah, L. N. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 103. https://doi.olrg/10.25157/j-kip.v2i3.6139

Jensen, E. (2008). Brain-Based Learning. Pustaka Pelajar.

Juliantini, L. S., Jampel, I. N., & Sujendra Diputra, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Berbantuan Media Konkret Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD. Thinking Skills and Crelativity Journal, 3(1), 8–17. https://doi.olrg/10.23887/tscj.v3i1.24304

Kau, M. A. (2017). PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK SEKOLAH DASAR.

Nahdi, D. S. (2015). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI MODElL BRAIN BASED LEARNING. Jurnal Cakrawala Pelndas, 1(1). https://doi.olrg/10.31949/jcp.v1i1.341

Utama, A. W., Zulela, & Eltin, S. (2018). PENERAPAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.