Pengaruh model pembelajaran pq4r (preview, question, read, reflect, recite, and review) terhadap hasil belajar siswa kelas v sekolah dasar

Khonifah Rohmati Rosyida, Sri Lestari, Suyanti Suyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana model pembelajran PQ4R memengaruhi hasil belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar. Semua pembelajaran yang berfokus pada konsep, hafalan, dan pemecahan masalah dapat digunakan dengan model pembelajaran PQ4R. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini melibatkan dua kelas V dengan jumlah 28 siswa dalam kelompok eksperimen dan 28 siswa dalam kelompok kontrol.  Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik Cluster Random Sampling. Metode teknik untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar kognitif siswa melalui tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung adalah 4,220 dan nilai ttabel pada (df. 54) signifikansi 0,05 sebesar 2,004 sehingga disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak karena thitung > ttabel dengan hasil sig. 2-tailed sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Magetan.

Keywords


Model Pembelajaran; PQ4R; Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Alfiana, R., & Mamin, R. (2018). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PQ4R REVIEW ) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 3 PALANGGA Ratnawaty Mamin Sitti Rahma Yunus seutuhnya , yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi dikarenakan kura. 2(1), 88–94.

Ardaya, D. A. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 72–83. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/9065

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta Edisi Revisi 2010.

Faradita, M. N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Di Sd Dengan Menggunakan Metode Pq4R. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 7–13. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2893

Heidelberg, B. (2016). Hubungan Metode Unit Teaching dengan Motivasi Velajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Puti Maifat. 1–23.

Kurniandayani, A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis PQ4R Guna Meningkatkan Hasil Belajar Aspek Kognitif Ditinjau Dari Minat dan Tanggapan Proses Belajar Peserta Doidik Pada Materi Pokok Usaha dan Energi Untuk Peserta Didik SMA. 21, 1–9.

Linayaningsih, F. (2011). Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Majalah Ilmiah INFORMATIKA, 02(2002), 75–86.

Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik Pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas II B SDN Kunciran 5 Tanggerang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 48–62. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Mayangsari, R., & Sukardi, F. (2012). Efektifitas Metode Preview , Question , Read , Terhadap Hasil Belajar. 1(1).

Mustika, D., & Aziz, I. (2021). Proses Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. 5(6), 6158–6167.

Pohan, S. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. 5(3), 1191–1197.

Priyatno, Duwi. 2016. Belajar Alat Analisis Data Dan Cara Pengolahannya Dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Qiptiyyah, M. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MATERI KEDUDUKAN DAN FUNGSI PANCASILA MELALUI METODE JIGSAW KELAS VIII F MTs NEGERI 5 DEMAK. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 62–68. https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1187

Sari, N. A., & Akbar, S. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. 2016, 1572–1582.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Trianto Ibnu Badar al- Tabany. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.

Tumewu, S. (2018). Implementasi Model PQ4R Dalam Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Cahaya Dan Alat Optik Di Kelas VIII SMP Negeri 4 Gorontalo. 203–213.

Wahyuni & Setyosari, K. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD. Edcomtech, 1, 129–136.

Widiyanthi, A. I., Sugihartini, N., Wahyuni, D. S., & Kesiman, M. W. A. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIII. KARMAPATI : Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, 3(1), 34–38.

Yuliana, I., & Fajriah, N. (2013). Penerapan Metode PQ4R dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.20527/edumat.v1i1.550


Refbacks

  • There are currently no refbacks.