Membangun karakter siswa berkebutuhan khusus melalui peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia

Putri Zudhah Ferryka

Abstract


Pendidikan karakter pada anak berkebutuhan khusus bertujuan untuk mengembangkan semua potensi secara maksimal dalam segala komponen, baik dalam hal spiritual, pengetahuan, maupun ketrampilan. Berbagai kegiatan di sekolah dalam memperingati hari ulang tahun kemerdekaan republik indonesia yang dilakukan pada anak berkebutuhan khusus dapat menanamkan karakter dalam dirinya. Kegiatan tersebut diawali dengan kegiatan upacara, berbagai kegiatan lomba, dan diakhiri dengan pengumuman hasil lomba. Disetiap kegiatan memiliki makna yang berbeda-beda serta membantu keseimbangan perkembangan bagi siswa berkebutuhan khusus. Salah satunya dalam perkembangan dan keseimbangan motorik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan model analisis interaktif menggunakan teknik keabsahan data dengan triangulasi dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui peringatan hari ulang tahun kemerdekaan republik indonesia dapat menanamkan 18 nilai karakter berupa: 1) nilai religius, 2) nilai kejujuran, 3) nilai toleransi, 4) nilai kedisiplinan, 5) nilai kerja keras, 6) nilai kreatif, 7) nilai kemandirian, 8) nilai demokratis, 9) nilai rasa ingin tahu, 10) nilai semangat kebangsaan, 11) nilai cinta tanah air, 12) nilai menghargai prestasi, 13) nilai bersahabat/komunikatif, 14) nilai cinta damai, 15) nilai gemar membaca, 16) nilai peduli lingkungan, 17) nilai peduli sosial, dan 18) nilai tanggung jawab. 


Keywords


karakter; siswa berkebutuhan khusus; peringatan hari ulang tahun kemerdekaan indonesia

Full Text:

PDF

References


Dwiningrum, S. I. (2013). Nation’s Character Education Based on the Social Capital Theory. Journal Asian Social Science, 9 (12),144-155.

Hidayatullah, F. (2010). Pendidikan KarakterMembangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Kemendiknas. (2010). Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Kemendiknas. (2010). Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.Kemendiknas

Koesoema, D. A. (2010). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT. Grasindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Thomas, L. (2012). Educating for Character, mendidik untuk membentuk karakter, bagaimana sekolah dapat memberikan pendidikan tentang sikap hormat dan tanggung jawab (Terjemahan Juna Abdu Wamaungo). New York: Bantam Books (Buku asli diterbitkan tahun 1991)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.