Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Wujud Zat Dan Perubahannya Melalui Penerapan Model Pembelajaran PBL Pada Siswa Kelas 4 di SDN Junrejo 01

Selvy Yulia Paradila, Nurwidodo Nurwidodo, Eka Susy Lestari

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA materi dan perubahannya pada siswa kelas IVA SDN Junrejo 01. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan hasil belajar IPA materi dan perubahannya akibat penggunaan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi proses perancangan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. PTK dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I berlangsung pada tanggal 2 Juni 2023, dan Siklus II berlangsung pada tanggal 6 Juni 2023. Penelitian dilaksanakan di kelas IVA SDN Junrejo 01 Kota Malang dengan jumlah siswa 28 orang (16 laki-laki dan 12 perempuan). Hasil temuan menunjukkan bahwa metodologi PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi dan perubahannya pada siswa kelas IVA di SDN Junrejo 01 Kota Malang. Hasil tes pada Siklus I dan Siklus II menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan klasikal yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA materi dan transformasinya. Pada kondisi awal (pra siklus), rata-rata nilai siswa untuk soal adalah 60, dengan ketuntasan klasikal sebesar 35% (10 siswa) dari 28 siswa yang mendapat nilai 75 (nilai KKM). Siklus I 75, dengan ketuntasan klasikal 53% (15 siswa) mendapat nilai 75 (nilai KKM). Siklus II 85, dengan ketuntasan klasikal 82% (23 siswa) mencapai nilai 75 (KKM).


Keywords


Hasil Belajar, IPAS, Pembelajaran PBL

Full Text:

PDF

References


Abdullah Sani, Ridwan. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Ariyanto. 2011. Pembelajaran Aritmatika Sekolah Dasar. Surakarta: Penerbit Qinant.

Atmojo. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Peningkatan Hasil Belajar Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Kependidikan 43(2), 134-143.

Ariyanto. 2011. Pembelajaran Aritmatika Sekolah Dasar. Surakarta: Penerbit Qinant.

Baharuddin. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Baharudin & Nur Wahyuni, Esa. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah: Beserta Contoh-co ntohnya. Yogyakarta: Gava Media

Daryanto. 2012. Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gava Media.

Sani, Ridwan Abdulah. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Inflementasi kurikulum Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sulistryarini & Santoso. 2015. Pengaruh Kecerdasan Visual-Spasial Terhadap Hasil Belajar Matematika dalam Problem Based Learning Pada Siswa SMA Kelas X. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika (JIEM), I(1). 56-72.

Susanto & Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta Prenamedia Group Sutirman. 2013. Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif.

Yogyakarta: GrahaIlmu.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Susanto. 2015. Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Berfikir dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada pembelajaran Kewirausahawan Prosiding Seminar Nasional. UNNES: Surabaya.

Wisudawati. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.