Efektivitas brain gym terhadap konsentrasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas 5 SDN 04 Madiun Lor

Anis Dwi Hermawati, Ibadullah Malawi, Suyanti Suyanti

Abstract


Konsentrasi belajar merupakan hal yang harus dimiliki siswa dalam menunjang daya serap siswa terhadap materi yang diberikan. Konsentrasi sangat berpengaruh dalam meningkatkan keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran khususnya pada pembelajaran tematik. Pada pembelajaran tematik siswa di tuntut membaca, mencatat, memahami dan menghafal materi secara penuh yang menyebabkan kegiatan pembelajaran menjadi membosankan dan smenyebabkan siswa tidak dapat berkonsentrasi secara penuh selama pembelajaran berlangsung. Mengembalikan konsentrasi selama proses pembelajaran ini dapat dilakukan dengan memberikan senam otak atau brain gym kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan bentuk desain Nonequivalent Control group Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 48 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 24 siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan soal test untuk pengumpulan data dengan Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Uji-T dengan taraf signifikansi  dan diperoleh  = 8,094 >  = 2,013 maka dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kriteria pengujian hipotesis yang digunakan peneliti menunjukkan bahwa brain gym efektif terhadap konsentrasi pada pembelajaran tematik siswa kelas 5 SDN 04 Madiun Lor.


Keywords


Konsentrasi Belajar, Pembelajaran Tematik, Brain Gym

Full Text:

PDF

References


Aviana, R., & Fatichatul Hidayah, F. (2015). Pengaruh tingkat konsentrasi belajar siswa terhadap daya pemahaman materi pada pembelajaran kimia di sma negeri 2 batang. 33(1), 30–33. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/jps.3.1.2015.30-33

Basuki, H. O., & Faizah, H. N. (2020). The effect of brain gym on the learning concentration of student in stikes nu tuban. Jurnal Keperawatan, 11(1), 38–44. https://doi.org/10.22219/jk.v11i1.10186

Deswanti, I. A. P., Santosa, A. B., & William, N. (2020). Pengaruh ice breaking terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar pada pembelajaran tematik. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 20–28. https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/39

Enniza, K. (2015). Pengaruh brain gym terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di tk aba sidoharjo turi sleman yogyakarta. 4(2), 1–11. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/view/210/191

Hidayani, M. (2016). Pembelajaran tematik dalam kurikulum 2013. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 15(1), 150–165. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v15i1.292

Kadir, A., & Asrohah, H. (2014). Buku Abdul Kadir_Pembelajaran Tematik 2015.

Kulkarni, C., & Ramesh Khandale, S. (2019). Effect of brain gym exercises on the attention span in young adults. International Journal of Advance Research and Development, 4(4), 71–75. https://www.ijarnd.com/manuscript/effect-of-brain-gym-exercises-on-the-attention-span-in-young-adults/

Lubis, M. A., & Azizan, N. (2020). Pembelajaran Tematik SD/MI (1st ed., Vol. 216). Kencan A.

Malawi, I., & Tristiar, A. (2013). Pengaruh konsentrasi dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar ips siswa kelas v sdn manisrejo i kabupaten magetan. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(02), 118–131. https://doi.org/10.25273/pe.v3i02.272

Oktaviani, S., & Istiningsih, G. (2021). Analisis hambatan guru dalam pengimplementasian pembelajaran tematik di era pandemi covid19. Khazanah Pendidikan, 15(2), 109. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.9869

Panzilion, P., Andri, J., & Padila, P. (2021). Therapy brain gym terhadap short memory anak retardasi mental. Jurnal Keperawatan Silampari, 4(2), 600–606. https://doi.org/10.31539/jks.v4i2.2120

Pratiwi, W. N., & Pratama, Y. G. (2020). Brain gym optimizing concentration on elementary students. STRADA Jurnal Ilmiah Kesehatan, 9(2), 1524–1532. https://doi.org/10.30994/sjik.v9i2.498

Sati, L., & Sunarti, V. (2021). The relationship between learning concentration and learning outcomes of students at lkp hazika education center. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(4), 531. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i4.113946

Sariana, N., Afiif, A., Kusyairy, U., Studi, P., Fisika, P., Tarbiyah, F., Uin, K., & Makassar, A. (2017). Pengaruh penerapan brain gym terhadap minat belajar pada mata pelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jpf.v5i2.3207

Suyanti, S., & Dian Nur Antika Eky Hastuti. (2022). Thematic learning with a scientific approach with digital assistance. International Journal of Education and Literature, 1(3), 01–05. https://doi.org/10.55606/ijel.v1i3.33

Sukri, A., & Purwanti, E. (2016). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui brain gym. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(1), 50–57. http://ejournal.unipma.ac.id/index.php/JEMS/article/download/778/711


Refbacks

  • There are currently no refbacks.