Efektivitas Pembelajaran IPAS dengan Model Pembelajaran Course Review Horay Ditinjau dari Minat Belajar Siswa SD
Abstract
Tujuan penelitian ini dalam rangka mengetahui: 1) hasil belajar IPAS yang lebih baik di tengah siswa minat belajar tinggi, sedang, serta rendah; 2) hasil belajar yang lebih baik antara siswa minat belajar tinggi, sedang, dan rendah yang diajar memanfaatkan model pembelajaran Course Review Horay dan siswa minat belajar tinggi, sedang, dan rendah yang diajar tanpa model pembelajaran Course Review Horay. Penelitian ini memanfaatkan metode kuantitatif disertai desain quasy experimental. Populasi sebanyak 81 siswa, dengan teknik pengambilan sampel random sampling diperoleh sampel 53 siswa. Metode tes dan angket merupakan teknik pengumpulan data penelitian ini. Teknik analisis data mencakup perhitungan mean, varians, standar deviasi; serta uji normalitas memanfaatkan uji lilliefors dan uji homogenitas memanfaatkan uji F. Uji hipotesis memanfaatkan uji anova dua jalan dengan sel tak sama diikuti metode scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya: 1) hasil belajar IPAS siswa minat belajar tinggi lebih baik daripada siswa minat belajar sedang dan rendah, dan siswa minat belajar sedang lebih baik daripada siswa minat belajar rendah; 2) hasil belajar siswa minat belajar tinggi, sedang, dan rendah yang diajar memanfaatkan model pembelajaran Course Review Horay lebih baik daripada siswa minat belajar tinggi, sedang, dan rendah yang diajar tanpa model pembelajaran Course Review Horay.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468–470. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33
Hasibuan, L. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII SMP Negeri Rantau Selatan. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 5(1), 11–15. https://doi.org/10.36987/jpms.v5i1.1238
Kaharuddin, A., & Hajeniati, N. (2020). PEMBELAJARAN INOVATIF & VARIATIF Pedoman untuk Penelitian PTK dan Eksperimen. Pusaka Almaida. https://books.google.co.id/books?id=1_0KEAAAQBAJ&pg=PA34&dq=course+review+horay&hl=en&newbks=1&newbks_redir=0&sa=X&ved=2ahUKEwjP_PyF3ID-AhXkwjgGHerVCLUQ6AF6BAgLEAI#v=onepage&q&f=true
Kartika, S., Husni, & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360
Majid, A. (2017). Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Meganingtyas, B. R., Winarni, R., & Murwaningsih, T. (2019). The Effect of Using Course Review Horay and Talking Stick Learning Methods Towards Social Science Learning Result Reviewed From Learning Interest. International Journal of Educational Research Review, 190–197. https://doi.org/10.24331/ijere.518053
Muliani, R. D., & Arusman. (2022). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133–139. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1684
Sari, W. N., Murtono, & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Tambahmulyo 1. Jurnal Inovasi Penelitian, 1. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/472
Widiyono, A., Budiarti, I., & Zumrotun, E. (2023). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 3(1), 39–48. https://doi.org/10.35878/guru.v3i1.531
Refbacks
- There are currently no refbacks.