Pengembangan Media Kartu Domino untuk Memberdayakan Kemampuan Operasi Hitung Bilangan Pecahan Pada Siswa Kelas V Sekolah dasar

Ganes Wara Mahardina, Ivayuni Listiani, Diyan Marlina

Abstract


Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan yang dipilih adalah ADDIE yang dikembangkan oleh Branch. Tahap model ADDIE meliputi analysis, design, development, implementation, evaluation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media kartu domino pada materi operasi hitung pecahan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa dan Guru kelas V SD Negeri 03 Madiun Lor, serta validator ahli dan pengguna (guru,siswa) yang berperan sebagai penilai kelayakan media. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket,tes,dan dokumentasi. Kartu domino yang dikembangkan terdiri dari 2 jenis soal yakni penjumalahan pecahan dan pengurangan pecahan. Setiap satu set kartu domino terdiri dari tujuh belas kartu. Media kartu domino dinyatakan sangat layak oleh ahli materi dengan persentase 87,69% dinyatakan layak oleh ahli media dengan persentase 90,90%, dan sangat layak oleh pengguna (guru) 98%. Simpulan dalam penelitian ini adalah media kartu domino layak digunakan sebagai media pembelajaran materi operasi hitung pecahan. Saran penelitian iniĀ  yakni kartu domino dapat digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran dan digunakan sesuai dengan panduan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.


Keywords


Pengembangan; media; kartu domino; pecahan; operasi hitung.

Full Text:

PDF

References


Asiyah, A. S., Sumardi, S., & Umamah, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Prezi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Model Assure.

Audie, N. (2019, May). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 586-595).

Ilahiyah, N., Yandari, I. A. V., &Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pakem Pada Materi Bilangan Pecahan Di Sd.TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar,6(1), 49-63.

Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya evaluasi dalam pembelajaran dan akibat memanipulasinya. Bintang, 2(2), 244-257.

Nurdyansyah, N. & Fitriyani, T. (2018). Pengaruh strategi pembelajaran aktif terhadap hasil belajar pada Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Sugiyono, (2019) Metode Penelitian dan Pengembangan (Reserch and Developmeny/ R & D). Bandung: Alfabeta

Supriyono. (2018). Pentingnya MediaPembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Pelajar Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 44.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.