Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card Siswa Kelas 1 SDN Kauman 01 Kec. Widodaren

Mudyah Nafiah, Eni Winarsih, Tri Bulestari Purwani

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan siswakelas 1 melalui media flash card di SD KAUMAN 1, Desa Kauman, Kec. Widodaren, Kab. Ngawi. Penelian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari 4 tahap diantaranya perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini menunjukkan hasil penelitiaan kemampuan membaca permulaan siswakelas 1 mengalami peningkatan yang dapat dilihat melalui presentase jumlah siswayang tuntas, dimana pada siklus I presentase jumlah siswayang tuntas yakni 47% dan setelah melakukan perbaikan yang dilakukan pada siklus II presentase jumlah siswayang tuntas menjadi 80%.  Sehingga penelitian ini, dapat disimpulkan melalui media flash card dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswakelas 1 di SDN Kauman 1, Desa Kauman, Kec. Widodaren. Kab.Ngawi Tahun Pelajaran 2022/2023.


Keywords


Membaca permulaan, Media flash card

Full Text:

PDF

References


Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173

Anjarini, T. (2017). Strategi, Model, Media dan Teknologi Pembelajaran di Sekolah Dasar. ELSE : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purworejo, 1(Strategi, Model, Media dan Teknologi Pembelajaran di Sekolah Dasar), 139–142.

Farias, R. L. S., Ramos, R. O., & da Silva, L. A. (2009). Numerical solutions for non-Markovian stochastic equations of motion. In Computer Physics Communications (Vol. 180, Issue 4). https://doi.org/10.1016/j.cpc.2008.12.005

Hamid, A., & Faipri Selegi, S. (2023). Pengaruh Media Flash Card Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 SD Negeri 01 Ulak Kemang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 348–356. http://dx.doi.org/10.33603/.v6i1.8134,

Hilda Hadian, L., Mochamad Hadad, S., & Marlina, I. (2018). Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 212–242. https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.73

Kumullah, R., Yulianto, A., & Ida, I. (2019). Peningkatan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 7(2), 36–42. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v7i2.301

Maghfiroh, N. L., & Bahrodin, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard terhadap Kemampuan Membaca Anak Disleksia. Inovasi Kurikulum, 19(1), 69–78. https://doi.org/10.17509/jik.v19i1.39571

Munthe, A. P., & Sitinjak, J. V. (2019). Manfaat Serta Kendala Menerapkan Flashcard Pada Pelajaran Membaca Permulaan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(3), 210. https://doi.org/10.33541/jdp.v11i3.892

Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I Sdn Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650

Suleman, D., Hanafi, Y. R., & Rahmat, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Scramble Di Kelas II SDN 3 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 713. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.713-726.2021

Suriani, S., B, S., & Efendi, E. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN Ginunggung Melalui Media Kartu Huruf Kec. Galang. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(10), 62–77. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3633

Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23734

Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) di Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8(2), 189-199.

Yusuf Aditya, D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023

Syaharani, N. T., & Pradana, L. N. (2022). Saintifik CIRC Model: Keefektivannya Dalam Keterampilan Membaca Siswa. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 267-275.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.