Analisis Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Bercerita Kelas IV di SDN Jalen Kabupaten Ponorogo

Dinda Ayu Lestari, Vivi Rulviana, Apri Kartikasari HS

Abstract


Profil Pelajar Pancasila adalah upaya yang dilakukan untuk mencapai pemahaman dan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila agar Pancasila tetap menjadi dasar ideologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran bercerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN Jalen, dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran bercerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN Jalen. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas IV serta 4 siswa kelas IV di SDN Jalen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia pelajaran yang sedikit membuat siswa tidak terlalu menyukai pembelajaran Bahasa Indonesia. Pembelajaran tersebut diberikan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan berbahasa yang meliputi mendengar atau menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. dalam hal membaca dengan baik dan benar. Memang pembelajaran bercerita ini membuat siswa merasa bosan saat berada di kelas, karena pembelajaran bercerita ini membuat siswa harus berkonsentrasi dalam hal membaca Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran bercerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pada pembelajaran Bahasa Indonesia adalah salah satu pembelajaran yang menjadi akar pemahaman dalam mempelajari semua mata pelajaran.


Keywords


Profil Pelajar Pancasila, Bercerita, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).

Ahimsa, A. D. (2022). PENGARUH METODE REWARD TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA SISWA SD NEGERI 04 MAJAKERTA (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).

Diputera, A. M., Damanik, S. H., & Wahyuni, V. (2022). Evaluasi kebijakan pendidikan karakter profil pelajar pancasila dalam kurikulum prototipe untuk pendidikan anak usia dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas.

Farhurohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar.

Hadi, S., Kusumaningsih, D., Fatria, N. A. E., Karomah, S., Ernawati, L., & Kamalia, A. L. Kerancuan Akhlak Beragama Cerita Pendek Anak Profil Pelajar Pancasila Buku Teks Bahasa Indonesia Sekolah Dasar.

Hidayah, N. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190-204.

Haliza, R. A. N., Rulyansah, A., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2022). Faktor Pendukung Berupa Fasilitas Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 5(3), 357-364.

Irawan, D., Bramasta, D., Yulianingrum, F., & Mumpuni, A. (2022). Telaah Buku Teks Pelajaran Membaca Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(10), 15-28.

Julianto, I. R., & Umami, A. S. (2023). Peranan Guru Dalam Pengimplementasian Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Samasta.

Lisa Septia (2020). BAHASA INDONESIA SD 2. (n.d.). (n.p.): Guepedia.

Muin, A., Fakhrudin, A., Makruf, A. D., & Gandi, S. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.