Implementasi Model Pembelajaran PBL Dengan Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD Negeri 1 Karanganyar

Reza Nurharista, Sri Utami

Abstract


Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA masih rendah dibawah KKM. Model pembelajaran yang sering digunakan yaitu ceramah tanpa menggunakan media konkrit. Oleh karena itu, perlu perbaikan proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran yang bervariasi, berpusat pada siswa dan media yang menarik. Implementasi model dan media pembelajaran yang digunakan beragam dan sesuai dengan karakteristik yang ada pada siswa meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan model pembelajaran (Problem Based Learning) dengan media pop-up book. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN 1 Karanganyar yang berjumlah 20 siswa. Pada data yang diperoleh dari hasil prasiklus 2 siswa yang mengalami ketuntasan dengan presentase 10%. Pada siklus I mengalami peningkatan sebanyak 8 siswa dengan presentase 30%. Kemudian pada siklus II peningkatan yang signifikan yaitu 17 siswa atau 90% siswa tuntans diatas KKM (75). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media Pop-Up Book dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SD Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2022/2023.


Keywords


Problem Based Learning, Pop-Up book, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Ariyanti, N., Suciptaningsih, O. A., & Safi’i, M. N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ipas Siswa Kelas Iv Di Sdn Plumpung 1 Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2022/2023. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1544-1557.Affrida, E. N. (2017). Strategi Ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 114. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.24

Djijar, C. D. (2015). Efektifitas Media Pop-Up Book dalam meningkatkan kemampuan membaca cerita mata pelajaran bahasa Indonesia kelas I sekolah dasar Brawijaya smart school malang. Malang: Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39-46.

Najoan, R. A., Tahiru, Y. S., Kumolontang, D. F., & Tuerah, R. M. (2023). Penerapan Model Problem based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1268-1278.

Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016-2024.

NURLUCYANA, E. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Kelas V MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung.

Ramadhani, S., & Pasaribu, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 066433 Medan. Jurnal Binagogik, 9(2).

Saputra, Y. A., & Susilowati, A. R. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 5(2), 96-103.

Setiyanigrum, R. (2020). Media Pop-Up Book sebagai Media Pembelajaran Pascapandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 216-220).

Siswoyo, A. A., Sari, E. N., Ulfa, M., & Fightiyah, R. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Materi Rantai Makanan SDN Socah 3. Teacher: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(2), 200-208.

Rahmatiah, R., & Baso, B. S. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia V UPT SDN 11 Kabupaten Soppeng. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa (Jurribah), 1(2), 190-213.

Rahmasari, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Basic Education, 5(36), 3-456.

Widyaningrum, H. K. (2016). Penggunaan media audio untuk meningkatkan kemampuan menyimak dongeng anak pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 5(02).

Yusri, D., & Zaki, A. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809-820.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.