Upaya Meningkatkan hasil Belajar IPS Melalui Metode Sosiodrama Pada Siswa Kelas V SDN Dadi 4 Kabupaten Magetan

Yeyen Wahyu Novansa, Restu Lusiana, Sucipto Sucipto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: mendeskripsikan penggunaan metode sosiodrama, meningkatkan pembelajaran dan menemukan kendala serta solusi dalam peningkatan pembelajaran IPS di kelas V SD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus mencakup tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan metode sosiodrama dapat meningkatan pembelajaran IPS di kelas V SD.


Keywords


metode sosiodrama, ilmu pengetahuan sosial

Full Text:

PDF

References


Amirono, & Daryanto. (2016). Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kuikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Arikunto, Suharsimi., Suhardjono, &Supardi. (2014). PenelitianTindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aryani, E., & Farozin, M. (2017). Improving Social Skill through Sosiodrama Technique for Yunior High School Students. Asian Journal of Educational Research Vol, 5(1).

Elviana, P. S. O., & Murdiono, M. (2017). Pengaruh metode sosiodrama terhadap hasil belajar dan sikap tanggung jawab dalam pembelajaran PKn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1), 33-50

Hidayat, I., Towaf, S. M., & Ruminiati, R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Mind Map Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(4), 562-568.

Iskandar, R., & Iskandar, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Teknik Bermain Peran Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, 6(2), 307-316.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.