Literasi matematis siswa dalam pembelajaran melalui media quizizz

Afnita Agil Syahdela, Junarti Junarti, Fifi Zuhriah

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi literasi matematis siswa melalui penggunaan media pembelajaran Quizizz dan tanpa penggunaan Quizizz, serta untuk menganalisis perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizizz terhadap literasi matematis pada materi perbandingan di kelas VII MTs Plus Nabawi Kedungadem. Penelitian ini melibatkan 48 siswa sebagai sampel. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen dan desain Post-test Only Control Group. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang menggunakan media pembelajaran Quizizz mencapai level 4 dalam literasi matematis. Mereka mampu dalam menyelesaikan soal matematika dan dapat menjelaskan hasil jawaban mereka dengan mengaitkannya dengan dunia nyata. Siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran Quizizz mencapai level 3 dalam literasi matematis. Mereka mampu melaksanakan prosedur dengan baik dalam menyelesaikan soal dan memiliki kemampuan dalam memilih strategi pemecahan masalah. Selanjutnya analisis statistik menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Ini mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizizz terhadap literasi matematis siswa.


Keywords


Media Pembelajaran Quizizz, Literasi Matematis, Konsep Perbandingan

Full Text:

PDF

References


Abidah, Afifatul, Junarti Junarti, dan Fifi Zuhriah. 2023. “Profil Literasi Matematis Dan Gaya Belajar Matematika Di Sekolah Dasar.” Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro 3(1):205–14.

Aini, Yulia Isratul. 2019. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu.” Kependidikan 2(25).

Astuti, Astuti, Dwi Oktaviana, dan Muhamad Firdaus. 2022. “Pengaruh media pembelajaran quizizz terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar pada siswa SMP.” Media Pendidikan Matematika 10(1):1. doi: 10.33394/mpm.v10i1.5039.

Fajriati, Naili, dan Budi Murtiyasa. 2023. “Kemampuan Literasi Matematika Siswa Menggunakan Multimedia Interaktif.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 7(1):945–57. doi: 10.31004/cendekia.v7i1.2219.

Hakiki, Ikka Ananda, dan Pradnyo Wijayanti. 2021. “Level Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik SMP dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Kemampuan Matematika.” MATHEdunesa 10(2):385–95. doi: 10.26740/mathedunesa.v10n2.p385-395.

Handayani, Afifa Dwi, Hermansyah Hermansyah, dan Dwi Susanti. 2022. “Pengaruh Aplikasi Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa.” Mathematic Education And Aplication Journal (META) 4(1):1–7. doi: 10.35334/meta.v4i1.2651.

Harmini, Ani, Mohammad Asikin, dan Amin Suyitno. 2020. “Potensi Komik Matematika untuk Mengembangkan Literasi Matematika.” 104–10.

Indah Nurasih, Tania, Bana G. Kartiasasmita, dan Nenden Mutiara Sari. 2022. “Bahan Ajar Berbasis Mobile-Learning dengan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa SMP.” Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika 12(1):1–4. doi: 10.29408/jel.v6i1.XXXX.

Irmayanti, Irmayanti, dan Danial Danial. 2019. “Eksplorasi Etnomatematika Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar Di Sinjai Selatan.” AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 6(1):90. doi: 10.24252/auladuna.v6i1a10.2019.

Jalinus, Nizwardi, dan Ambiyar Ambiyar. 2016. “Media Dan Sumber Pembelajaran.” Hlm. 1–233 dalam. Jakarta: Kencana.

Junarti, Junarti, Sujiran Sujiran, Nur Rohman, dan Afifatul Abidah. 2023. “Profil Tahapan Proses Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Dalam Pembelajaran Limit Fungsi.” Seminar Nasional Daring Sinergi 1(1):444–54.

Junarti, Junarti, Ahmad Yani T, dan Ahmad Kholiqul Amin. 2023. “Building Student’s Mathematical Connection Ability in Abstract Algebra: The Combination of Analogy-Contruction-Abstraction Stages.” JETL (Journal of Education, Teaching and Learning) 8(1):80–97. doi: 10.26737/jetl.v8i1.3796.

Junarti, dan M. Zainudin. 2022. “Strategi Efektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika.” JPE (Jurnal Pendidikan Edutama) 9(2):107–24.

Khusnul, Mawaddah, Irmayanti Irmayanti, Fitriani Fitriani, dan Sudirman P. 2022. “Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA MAN 2 Sinjai.” JTMT: Journal Tadris Matematika 3(1):10–17. doi: 10.47435/jtmt.v3i1.973.

Kusuma, Yoselia Alvi. 2020. “Efektivitas penggunaan aplikasi quizizz dalam pembelajaran daring (online) fisika pada materi usaha dan energi kelas X MIPA di SMA Masehi Kudus tahun pelajaran 2019/2020.” Sanata Dharma University.

Mulyati, Sri, dan Hanif Evendi. 2020. “Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP.” GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika 3(1):64–73. doi: 10.30656/gauss.v3i1.2127.

Muslimah, Hujjatul, dan Heni Pujiastuti. 2021. “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita.” Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains 8(1):36–43. doi: 10.21831/jpms.v8i1.30000.

Muzaki, Ahmad, dan Masjudin Masjudin. 2019. “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 8(3):493–502. doi: 10.31980/mosharafa.v8i3.557.

Nugrahani, Kusuma Putri Endah, dan Paramitta Purbosari. 2022. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Quizizz.” Educatif : Journal of Education Research 4(3):72–78.

Ramadhani, Rahmi, Alexander Wirapraja, Oris Krianto Sulaiman, Meilani Safitri, Jamaludin Jamaludin, Dyah Gandasari, Edi Irawan, Masrul Masrul, Rano Indradi Sudra, dan Madya Ahdiyat. 2020. Platform Asesmen Untuk Pembelajaran Daring: Teori & Praktik. disunting oleh J. Simarmata. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sari, Rosalia Hera Novita. 2015. “Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?” Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 8:713–20.

Septinawati, Dina Dwi, Sausan Intan Zahra, Washilatul Khasanah, dan Khuriin Dewi Anggraeni. 2022. “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Persamaan Linear.” 3(1).

Syahdela, Afnita Agil, Junarti Junarti, dan Fifi Zuhriah. 2023. “Profil Literasi Matematis Dan Profil Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Pembelajaran Quizizz Pada Sekolah Menengah Pertama.” Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro 3(1):141–50.

Syifani, Milka Azkia, dan Tanti Jumaisyaroh Siregar. 2020. “Perbedaan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Negeri 3 Medan Pada Soal Cerita Yang Diajarkan Dengan Problem Based Learning Dan Konvensional.” 10(1).

Tiana, Asna. 2021. “Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Game Quizizz Pada Mata Pelajaran Matematika.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2(6):943–52.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.