Pengaruh model Contextual teaching learning (CTL) berbantu media realia terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran tematik kelas V sekolah dasar

Annisa Wikdya Wahyuni Prasasti, Fida Chasanatun, Dewi Tryanasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pemahaman siswa terhadap materi tematik siswa kelas V MIN 2 Kota Madiun setelah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL); (2) mengetahui apakah model pembelajaran kontekstual berpangaruh untuk pemahaman siswa terhadap topik materi tematik tema 6 subtema 2 pembelajaran 1 siswa kelas V MIN 2 Kota Madiun. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 2 Kota Madiun yang berjumlah 185 siswa yang terdiri dari kelas VA, VB, VC, VD, dan VE dan di dapat sampel berjumlah 74 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan jenis probability sampling yaitu sampel random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi Product Moment dengan uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji keseimbangan, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasiluji hipotesis diperoleh thitung = 6,044 dan ttabel = 1,993 yang berarti thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh  penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) berbantu media realia dalam meningkatkan nilai pemahaman siswa pada pembelajaran tematik tema 6 subtema 2 pembelajaran 1 di MIN 2 Kota Madiun.

Keywords


Contextual Teaching Learning (CTL), Realia, Pemahaman siswa.

Full Text:

PDF

References


N. A. Sari, S. Akbar, and Yuniastuti, “Penerapan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 3, no. 12, pp. 1572–1582, 2018, doi: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.

T. Prasetyo, “Pengembangan perangkat penilaian hasil belajar dalam pembelajaran tematik integratif kelas V SD,” J. Prima Edukasia, vol. 5, no. 1, pp. 102–111, 2017, doi: 10.21831/jpe.v5i1.7528.

M. Syaifuddin, “Implementasi Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta,” Tadris J. Kegur. dan Ilmu Tarb., vol. 2, no. 2, p. 139, 2017, doi: 10.24042/tadris.v2i2.2142.

R. Dania and E. Sukma, “Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Strategi Active Learning Tipe Turnamen Di Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 4, no. 3, pp. 3132–3144, 2020, doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.750.

S. Sulikhah, “Peningkatan Hasil Belajar Perubahan Sifat Benda Melalui Model Kontekstual Yang Dilengkapi Media Realia Di SDN Wonoketingal 1 Demak,” J. Prakarsa Paedagog., vol. 1, no. 1, 2018, doi: 10.24176/jpp.v1i1.2449.

P. Setiawan and D. N. Sudana, “Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika,” J. Ilm. Pendidik. Profesi Guru, vol. 2, no. 3, pp. 164–173, 2019, doi: 10.23887/jippg.v2i3.14278.

J. Nizwardi and A. Ambiyar, Media & Sumber Belajar. 2016.

N. 14270059 Klara Lastari, “Pengaruh Penggunaan Media Realia Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Di Mi Al- ‘Adli Palembang,” 2018, [Online]. Available: http://perpustakaan.ac.id

Y. Saingo, N. Yuniasih, D. Iswahyudi, and L. Models, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contekstual Teaching and Learning (CTL) Berbantu Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Tema 9 Subtema 3 Kelas IV SDN Bandungrejosari 1 Malang,” vol. 6, no. Vol 6 No 1 (2022): Prosiding Seminar Nasional PGSD, pp. 8–19, 2022.

C. F. Suroyya, P. Guru, and M. Ibtidaiyah, “Pengaruh Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Tematik,” vol. 1, no. 1, pp. 31–40, 2022, doi: https://doi.org/10.47454/IEEJ.v1i1.3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.