Penerapan pembelajaran tematik berbasis experiential learning untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas 1 di sdn sekarputih

Sukma Dewi Budi Prabaningrum, Fida Chasanatun, Apri Kartikasari HS

Abstract


Nilai pembelajaran tematik dalam mata pelajaran matematika yang masih tergolong rendah yang disebabkan oleh pendidik masih kurang mendalami secara baik terhadap pembelajaran tematik, sehigga kesanggupan guru mengaplikasikan model pembelajaran yang inovatif masih terbatas. Hal inilah yang membuat siswa mengalami kesulitan untuk menangkap maksud dan tujuan dari pembelajaran yang diberikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrpsikan peningkatan hasil belajar tematik dengan menggunakan Experiential Learning pada siswa kelas 1 di SDN Sekarputih dan mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan menggunakan Experiential Learning dalam meningkatkan hasil belajar tematik pada siswa kelas 1 di SDN Sekarputih. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas serta subjek penelitian adalah siswa kelas 1 SDN Sekarputih. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya digunakan teknik analisis data berupa kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa setiap siklusnya mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar matematika siswa meningkat dari prasiklus hingga berhenti pada siklus II yaitu dengan frekuensi siswa yang mengalami ketuntasan berjumlah 8 siswa atau setara dengan 100%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan Experiential Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas 1 di SDN Sekarputih.

Keywords


Pembelajaran Tematik, Experiential Learning, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Y. (2021). Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Media Manipulatif Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2415–2422. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.171

Gustina, Pebriana, P. H., & Zulhendri. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Model Experiential Learning Pada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 1(1), 11–24. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.337

Hariri, C. A., & Yayuk, E. (2018). Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 1–15.

Mulyasa. (2012). Praktik Penelitian Tindakan Kelas (5th ed.). PT Remaja Rosdakarya. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2311

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu : Teori, Praktik, dan Penilaian. Rajawali Pers. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://media.neliti.com/media/publications/17282-ID-contextual-teaching-and-learning-ctl-sebagai-model-pembelajaran-ekonomi-dalam-kb.pdf&ved=2ahUKEwj-rtmurs7oAhUaT30KHW6HBjcQFjAAegQIBhAC&usg=AOvVaw39Ua

Sari, I. P., & Syamsi, K. (2015). Pengembangan Buku Pelajaran Tematik-Integratif Berbasis Nilai Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Di Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 73–83. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4070

Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11796

Selvianiresa, D. (2017). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Nilai Tempat Mata Pelajaran Matematika Di Kelas I SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 65–73. https://doi.org/10.23969/jp.v2i1.451


Refbacks

  • There are currently no refbacks.