Pengembangan media teka-teki berbasis budaya lokal untuk meningkatkan katerampilan berbahasa jawa pada siswa kelas 4 sekolah dasar kabupaten pacitan

Dayinta Qurota Ayunin, Endang Sri Maruti, Nur Samsiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan pengembangan media teka-teki, proses pengembangan media yang dikembangkan dan kualitas pengembangan media teka-teki berbasis budaya lokal menggunakan aplikasi software adobe flash CS.6 diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berbahasa jawa pada siswa dan dapat mengenal kebudayaan lokal yang ada. Penelitian ini menggunakan metode research and development (RnD) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 02 Dadapan Kabupaten Pacitan. Teknik pengumpulan data dari hasil wawancara dan lembar angket (kuesioner). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Proses pengembangan ini mendapatkan analisis kebuthan dari hasil wawancara kepada guru kelas. 2) Penilaian validasi yang dilakukan oleh validasi ahli media (93%), validasi ahli materi (90%), validasi ahli bahasa (94%) dari semua validator mendapatkan rata-rata presentase 92% masuk dalam kategori “sangat valid” 3) Hasil penilian oleh angket respon guru sebesar 98% serta hasil angket siswa mendapatkan presentase 93 %, sehingga dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.


Keywords


Media Teka-Teki, Budaya Lokal, Keterampilan Bahasa Jawa

Full Text:

PDF

References


Batubara, H. H. (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada materi operasi bilangan bulat. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1-12.

Fatimah, A. R., Rinawati, A., & Maryanto, M. (2022). Analisis Metode Role Playing Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Kelas III SD Negeri Keditan Magelang. IBTIDA-Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 2(2), 43-53.

Kartikasari, M., & Rahmawati, F. P. (2022). Desain Media Pembelajaran Interaktif “Tekat Baja” untuk Memperkaya Kosakata Bahasa Jawa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5052-5062.

Latifah, N. N. (2019). Pembelajaran muatan lokal bahasa jawa dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di SDN Sambiroto 01 Semarang. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 149-158.

Magdalena, M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa Siswa Kelas V SDN Kedunggaleng Melalui Model Pembelajaran Role Playing. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 1(1), 11-20.

Muhammad, I., Yolanda, F., Andrian, D., & Rezeki, S. (2022). Pengembangan media interaktif menggunakan adobe flash CS6 profesional pada materi relasi dan fungsi. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(1), 128-140.

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 8(2).

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis Android dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS 6 pada mata pelajaran biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22-26

Setia, M. O., Susanti, N., & Kurniawan, W. (2017). Pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan adobe flash cs 6 pada materi hukum newton tentang gerak dan penerapannya. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(02), 42-57.

Suryana, D., & Hijriani, A. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077-1094


Refbacks

  • There are currently no refbacks.