Pengaruh media pop-up book terhadap hasil belajar siswa tema perubahan wujud benda kelas 3 SDN 02 Mojorejo

Dito Mei Triono, Nur Samsiyah, Hartini Hartini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media Pop-Up Book berdampak pada hasil belajar siswa. Peneliti menggunakan metode eksperimen query dan hanya menggunakan post-test control group design. Peneliti mengumpulkan data, menetapkan pedoman, dan melakukan post-test. Materi dan tes hasil belajar pilihan ganda digunakan. Data yang terkumpul dianalisis secara statistik dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa setelah dilakukan tes pada mata pelajaran transformasi kelas III SDN 02 Mojorejo Kota Madiun pada kelas eksperimen adalah 76 dan rata-ratanya adalah 51,6. Analisis data kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan uji-t diperoleh nilai t-hitung sebesar 4,996 dan t-array pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,060 sehingga t-hitung > t-array. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Pop-Up Book berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas 3 mata pelajaran Object Shapeshifting SDN 02 Mojorejo kota Madiun.

Keywords


media Pop-Up Book, hasil belajar

Full Text:

PDF PDF

References


Ayu Nurmala, D., Endah Tripalupi, L., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. (Vol. 4, Issue 1).

Elkana Linggarsari. (2021). Meta Analisis Pembelajaran Berbasis Media Video Pembelajaran terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 122–129.

Fajriyati Islami, N., Mgdalena, I., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Analisis Implementasi Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 di SDN Cipondoh Makmur. In Jurnal Pendidikan dan Dakwah (Vol. 2, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Mustari, M., Taufiq Rahman, M., & Persada, R. (2014). Manajemen Pendidikan.

Nola Dwi Putri, E. (2019). Penggunaan Media Lagu Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3). https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Sain Hanafy. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. (Vol. 17, Issue 1).

Sentarik, I. K., & Kusmariyatni, N. (2020). Media Pop-Up Book pada Topik Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 197–208.

Simbolon, N. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. http://sholahuddin.edublogs.org/2012/04/2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.