Media Pembelajaran Mind Map Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Anak Didik Sekolah Dasar

Ulfatur Rohmah, Siti Faizah Widyaningsih, Wanda Artikasari, Kun Hisnan Hajron

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD menggunakan media mind map. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sukjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 10 orang yang terdiri dari 5 orang perempuan dan 5 orang laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cokro Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Penelitian terdiri dari dua siklus dengan prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu: 1) tahap perencanaan, 2) tahap pelaksanaan, 3) tahap pengamatan, 4) tahap refleksi.Data yang dikumpulkan yaitu hasil belajar siswa dan keaktifan siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah melalui observasi dan hasil penilaian evaluasi lembar kerja siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar kerja siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebanyak 80% atau 8 orang siswa mendapatkan nilai di atas KKM dan 20% atau 2 orang siswa yang tidak tuntas akan tetapi memiliki nilai yang hampir mendekati nilai KKM.

Keywords


Hasil belajar;Mind map;IPS

Full Text:

PDF

References


Annisa, R., Subali, B., & Heryanto, W. P. (2018). Peningkatan Daya Ingat dan Hasil Belajar Siswa dengan Mind Mapping Method pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 19. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p19-23

Arsyad, A. (2015). Media pembelajaran.

Candra, A. M. K. (2015). Penerapan Media Mind Mapping Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ips Kelas Iv Sd Negeri Purwoyoso 04 Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonimi & Bisnis, ISBN: 978-602-8580-19-9.

Ekayani, P. (2017). (2017). Pentingnya Penggunaan Media. March. https://www.researchgate.net/publication/315105651

Fitriani, S., Binadja, A., & Imam, K. (2012). Penerapan Model Connected Bervisi Science Environment Technology Society Pada Pembelajaran IPA Terpadu. Unnes Science Education Journal, 1(2), 111–118.

Henri. (2018). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Prestasi Belajar Ips. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2085, 118–131.

I Wayan Darmayoga, I. W. L. dan A. A. I. N. M. (2013). Pengaruh Implementasi Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ips Ditinjau Dari Minat Siswa Kelas Iv Sd Sathya Sai Denpasar. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3.

Maria Setiani Putri, C., Sumarno, Y., & Issak Benyamin, P. (2021). Implementasi Metode Pembelajaran Mind Mapping Ilmu Pengetahuan Alkitab dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah Teologi Kristen Bethel, Jakarta. Jurnal Didaktikos, 4(1), 10–19.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Ruhama, I. A., & Erwin, E. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5), 3841–3849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1422

Singh, P. K. P., & Hashim, H. (2020). Using Jazz Chants to Increase Vocabulary Power among ESL Young Learners. Creative Education, 11(03), 262–274. https://doi.org/10.4236/ce.2020.113020

Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2017). Indonesian Journal of Primary Education Perbedaan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Metode Mind Map dengan Metode Ceramah Nida Adilah. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 98–103. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index

Syahid, L., Djabba, R., & Mukhlisa, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Barru. Pinisi Journal of Education, 1(2), 2189–2198.

Syahidah, N. (2015). Metode Pembelajaran Mind Mapping sebagai Upaya Mengembangkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi. Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY, (pp. 108-117).

Teguh, K., & Putra, H. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Mind Map Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan dan Aktivitas Belajar IPA Siswa. 5(1), 73–80.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.