Kelayakan E-Modul Berbasis T-PACK Dalam Memberdayakan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SDN Pilangbango

Qurul Khasanah, Pinkan Amita Prasasti, Naniek Kusumawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan E-Modul berbasis T-PACK dalam memberdayakan literasi sains pada siswa kelas IV SDN Pilangbango. Jenis penelitian ini adalah RnD. Model pengembangan yang digunakan pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian siswa kelas IV SDN Pilangbango. Hasil kelayakan penelitian berdasarakan penilaian ahli media dengan presentase 88,2%, ahli materi 85,4%, ahli Bahasa 88%, angket respon siswa pada uji coba terbatas dengan rata-rata 100%, uji coba lapangan 96,7%, serta angket respon guru 92,3% dari skor tersebut mendapatkan kriteria “Sangat Baik”. Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa pengembangan E-Modul Berbasis T-PACK Dalam MemberdayakaN Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SDN Pilangbango berupa E-Modul memenuhi kriteria kepraktisan.

Keywords


E-Modul;T-Pack;Literasi sains

Full Text:

PDF

References


Arham, U. U., & Dwiningsih, K. (2016). KEEFEKTIFAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN. 111–118.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA BULETIN DALAM BENTUK BUKU SAKU UNTUK PEMBELAJARAN IPA TERPADU PENDAHULUAN Sesuai dengan amanat Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ), bahwa model pembelajaran terpadu merupakan salah satu model implementasi ku. 05(April), 1–13. h

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analysis of Critical Thinking Skills of Elementary School Students in Learning Mathematics Curriculum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70.

Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). ANALISIS PENGEMBANGAN BAHAN AJAR. 2, 170–187.

Lestari, H. D. (2020). Pengembangan E-Modul IPA Bermuatan Tes Online untuk Meningkatkan Hasil Belajar. 4, 73–79.

Marlinda Indah Eka Budiarti, I. F., Y.A.Nalle, C., & Yulianingsih, L. (2021). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS Technological, Pedagogical, and Content Knowlodge (TPACK). 1(2), 53–57.

Mursanti, A. E., & Fatirul, A. N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Dasar Tata Rias Wajah untuk Mahasiswa Prodi Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga (PVKK) Tata Rias. 76–87.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137.

Prasasti, P. A. T., & Listiani, I. (2019). Sets: Perspektif Dalam Memberdayakan Science Literacy. Prosiding Seminar Nasional Hasil …, 228–233.

Rahayu, S. (2020). TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENTKNOWLEDGE (TPACK): INTEGRASI ICTDALAM PEMBELAJARAN IPA ABAD 21. February.

Rockyane, I. S., & Sukartiningsih, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash dalam Pembelajaran Menulis Cerita Siswa Kelas IV SD. Jurnal PGSD, 6(5), 767–776.

Setiawan, A. R. (2019). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 4(1), 51–69.

Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. 6, 2015.

Widoyoko, S. E. P., Kustilah, S., & Purworejo, U. M. (2017). ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA KABUPATEN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2016/2017. November, 67–82.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.