Meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD melalui penggunaan model Problem Based Learning (PBL)

Faninka Nuraliza, Tri Wahyuni Chasanatun, M. Soeprijadi Djoko Laksana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experiment Design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Dengan populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 01 Manisrejo Kota Madiun. Sampel yang digunakan yaitu berjumlah 52 siswa dari kelas IVA dan IVB yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan pengujian posttest untuk mengetahui perbedaan hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan hasil rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 84,23 sedangkan rata – rata nilai kelas kontrol adalah 51,31. Pada uji normalitas berdasarkan uji Klomogrov-Smirnov >0,05 hasil dari kelas eksperimen 0,084 sedangkan kelas kontrol 0,055 maka data dinyatakan normal. Berdasarkan hasil uji homogenitas menunjukkan nilai signifikasi 0,310 > 0,05 maka data bersifat homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan hasil analisis t-test diperoleh nilai sign-2 tailed sebesar 0,000 yang berarti nilai tersebut kurang dari 0,05 yang diartikan jika sign<0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords


Problem based learning; hasil belajar; tematik

Full Text:

PDF

References


Agustina, K., Kristiyanto, W. H., & Noviandini, D. (2017). Learning Design of

Problem Based Learning Model Based on Recommendations of Sintax Study and

Contents Issues on Physics Impulse Materials with Experimental Activities.

International Journal of Active Learning, 2(2), 68–81.

https://doi.org/10.15294/IJAL.V2I2.10802

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar

siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80.

https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach. In Syria Studies (Vol. 7, Issue 1).

https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link

/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal

/Civilwars_12December2010.pdf%0Ahttps://thinkasia.org/handle/11540/8282

%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Fahmi, A. N. (2013). PEMBELAJARAN ABAD 21 DAN PEMBELAJARAN TEMATIK

INTEGRATIF PADA SEKOLAH DASAR. Universitas Negeri Yogyakarta.

Lidinillah, D. A. M. (2013). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(1), 1–7.

Maqbullah, S., Sumiati, T., & Muqodas, I. (2018). Penerapan Model Problem Based

Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada

Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 13(2), 106–112.

https://doi.org/10.17509/md.v13i2.9500

Nurdyansyah dan, & Fahyuni, E. F. (2016). INOVASI MODEL PEMBELAJARAN Sesuai

Kurikulum 2013 (Sesuai Kur). Nizamia Learning Center.

Sandu, S. dan A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayups (ed.); Dasar Meto).

Leiterasi Media Punlishing.

Saputri, N. (2015). PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS

PENDEKATAN SAINTIFIK DI SEKOLAH DASAR.

Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan pembelajaran tematik

terpadu di sekolah dasar. Journal.Um.Ac.Id, 3(12), 1572–1582.

http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11796

Sariwati, S., Margiati, K. Y., & Kresnadi, H. (2020). Pengaruh Model Problem Based

Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1),

–8. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Alfabeta.

Wati, Y. I. (2018). Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Pada

Pembelajaran IPA Kelas 4 MI Nurur Rohmah Tentang Energi Panas. Universitas

Muhammadiyah Sidoarjo, 20, 1–14


Refbacks

  • There are currently no refbacks.