Kesulitan Pembelajaran Tematik Pada Masa Transisi Covid- 19
Abstract
transisicovid-19danmendeskripsikanfaktor-faktoryangmempengaruhikesulitanpembelajaran
tematik pada masa transisi covid-19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data pada
peneltian adalah guru kelas III serta 9 siswa kelas III di SDN 1 Sedarat. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksankan dengan
tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kesulitan pembelajaran tematik pada masa transisi covid-19 diantaranya, kesulitan dalam memahami
materi, kesulitan dalam mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari, kesulitan dalam berhitung.
Faktor-faktor kesulitan pembelajaran tematik pada masa transisi covid diantaranya, minat dan motivasi,
sikap siswa,konsentrasi belajar, rasa percaya diri, metode mengajar, media pembelajaran, lingkungan
sekitar. Penelitian ini mengungkapkan adanya kesulitan-kesulitan dalan pembelajaran tematik pada masa
transisi covid-19, serta mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan dalam pembelajaran
tematik di masa transisi covid-19
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amallia, N., Unaenah, E., & Tangerang, U. M. (2018). ANALISIS KESULITAN BELAJAR
MATEMATIKA PADA SISWA. 3(2), 123–133.
Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis Faktor Penyebab
Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD),
(1), 25–37. https://doi.org/10.30595/.v1i1.7929
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan
Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar
Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636
Darmiyati, H., Pd, S., Pd, M., & Elisa, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Materi Operasi Perkalian Dan Pembagian Pecahan Melalui Model Demonstrasi
Kombinasi Dengan Problem Based Learning Dan Pair Checks Siswa Kelas V Sekolah
Dasar. J-Instech: Journal of Instructional Technology J-Instech: Journal of Tec Jurnal
Teknologi Pendidikan, 1 No. 1, 11–18.
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2015). Hubungan antara Motivasi Belajar
dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal
Pendidikan Vokasi, 5(3), 365. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6490
Hamzah, A. (2020). Analisis Kesulitan Guru dalam Pembelajaran Tematik di MI Tholabul
Ulum OKU Selatan. Primary Education Journal (PEJ), 4(2), 24–30. https://idr.uin-
antasari.ac.id/15425/1/Pendekatan Etnopedagogi dalam Pembelajaran IPA SD.pdf
Hidayani, M. (2016). PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM KURIKULUM 2013 Masrifa
Hidayani. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 150–165.
Irsan, I., Nurmaya G, A. L., & Yulan, T. (2021). Analisis Kesulitan Implementasi
Pembelajaran Tematik Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal
Ilmu Pendidikan, 3(6), 4392–4399. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1475
Magdalena, I., Safitri, T., Maghfiroh, N., & Yolawati, N. N. (2020). Identifikasi Kesulitan
Belajar Tematik Kelas 3 di SD Negeri 14 Tangerang. Fondatia, 4(2), 222–233.
https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i2.886
Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Dr. Marlina, S.Pd., M. S. (2019). Asesmen Kesulitan
Belajar. Prenadamedia Group.Belajar.
Mediyani, D., & Mahtuum, Z. Ar. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan
Soal Materi Statistika Pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika
Inovatif, 3(4), 385–392. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.385-384
Muhith, A. (2018). Problematika Pembelajaran Tematik Terpadu di Min III Bondowoso.
Indonesian Journal of Islamic Teaching, 1(1), 45–61. http://digilib.iain-
jember.ac.id/380/1/Problematika pembelajaran tematik terpadu di MIN III
Bondowoso.pdf
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. 03(2), 333–352.
Pramesti, C., Prasetya, A., Studi, P., & Matematika, P. (2021). Analisis Tingkat Kesulitan
Belajar Matematika Siswa dalam Menggunakan Prinsip Matematis Analysis of Students ’
Mathematics Learning Difficulty Levels in Using Mathematical Principles. 11(November
.
Pratiwi, D. N., Siswantoro, & Sudirman, A. (2016). Hubungan Gaya Belajar
danKonsentrasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. 15(2), 1–23.
Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil
Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79.
https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108
Riinawati, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar
Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu
Pendidikan, 3(4), 2305–2312.
https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/886
Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh Sikap Siswa Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil
Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan
Dasar, 6(1), 11. https://doi.org/10.21009/jpd.061.02
Rosidin, D. I., Supriatna, M., & Budiman, N. (2019). Pengembangan self confidence pada
siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 144–148.
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/11301
Setyawan, A., Novitri, Q. A., Rahartini, S., Pratiwi, E., Walidain, M. B., Guru, P., Dasar, S.,
Madura, U. T., & Indonesia, J. T. (2020). Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD).
Prosiding Nasional Pendidikan : LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 156–158.
https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1027
Sihombing, S., Silalahi, H. R., Sitinjak, J. R., & Tambunan, H. (2021). ANALISIS MINAT DAN
MOTIVASI BELAJAR, PEMAHAMAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP
HASIL BELAJAR SELAMA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN Susi. Jurnal Pendidikan
Matematika : Judika Education, 4(1), 41–55.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi (6th ed.).
Syaifuddin, M. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Negeri
Demangan Yogyakarta. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 139.
https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2142
Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. 1–17.
Yeni, E. M., & Almuslim, U. (2015). JUPENDAS , ISSN 2355-3650 , Vol . 2 , No . 2 , September
2(2), 1–10.
Zahroh, F., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Studi Permasalahan dalam Pembelajaran
Tematik Muatan IPA Kelas IV SDN Socah 4 Kabupaten BAngkalan. 474–479.
Refbacks
- There are currently no refbacks.