Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Geometri Anak Sekolah Dasar Menggunakan Metode Gambar

Dwi Setyawati, Ria Anggraeni Saputri, Anggriani Fatkhunia Fani, Kun Hisnan Hajron

Abstract


Dengan adanya beberapa kasus permasalahan, kami melaksanakan sebuah penelitian guna mengoptimalkan hasil pembelajaran Mata pelajaran Matematika terhadap siswa kelas 4 SD Negeri Tampir Wetan dengan menggunakan media gambar . jenis penelitian yang peneliti lakukan merupakan Penelitian Tindak Kelas (PTK). Model penelitian yang dilakukan menggunakan 2 metode yaitu Kemmis dan Taggart yang dilakukan dengan menggunakan empat tahapan yaitu perencanaan penelitian, pelaksanaan penelitian, pengamatan dan refleksi. Penelitian yang kami laksanakan dilakukan dengan menggunakan 2 siklus. Dalam sekali pertemuan kami menerapkan satu siklus dengan media gambar pada saat pembelajaran Matematika. Kami mengambil nilai dari pengerjaan sebagai data yang kami peroleh. Jadi, dalam pengumpulan data kami menggunakan tekhnik tes atau pengerjaan. Kami menggunakan teknik analisis data kuantitaif dengan indikator keberhasilan 70% atau 7 anak yang sudah memperoleh nilai diatas KKM yaitu 70 . Hasl penilitian ini membuktikan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus pertama yang dilakukan terdapat 50% atau 5 orang siswa yang mendapat nilai di atas KKM dan ada 50% atau 5 orang siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Pada siklus kedua hasil pembelajaran anak mengalami peningkatan dengan presentase 80 % atau sebanyak 8 anak yang memperoleh nilai di atas KKM dan 20% atau sebanyak 2 anak yang memperoleh nilai kurang dari KKM, akan tetapi memiliki nilai yang hampir mendekati KKM.


Keywords


Hasil Belajar;Materi Geometri;Media Gambar

Full Text:

PDF

References


Ahmadiyanto. (2016). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Kewarganegaraan, 6(2), 980–993. http://ppjp.ulm.ac.id/jpournal/index.php/pkn/article/view/2326/2034

Amir, Almira. 2016. “Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Matematika.” 2(2008):34–40.

Andriani Rike, R. (2013). Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996

Ani Widayati. 2008. “Penelitian Tindakan Kelas.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia vol. vi no. 1 – tahun 2008 hal. 87 - 93 penelitian vi(1):87–93.

Dewi, Y., & Radia, E. H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantu Media Gambar Guna Meningkatkan Hasil Belajar. 3(2), 147–152.

Ekayani, N. L. P. (2017). PENTINGNYA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. March.

Hapnita, Widia, Rijal Abdullah, Yuwalitas Gusmareta, and Fahmi Rizal. 2018. “Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016/2017.” CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education)

Indra, N., Hasan, S., Rahmadanni, P., Suci, W., Fakhrurrazi, Khermarinah, Syibran, M., Jumira, W., Uron, H. R., Harizahayu, Dedi, A., Abdul, W., Romdloni, & Amalia, A. N. (2014). Penilaian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif. In J Surg CI Res (Vol. 5, Issue1).

Jannah, Fathul. 2015. “Inovasi Pendidikan Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Penelitian Tindakan Kelas.” Prosiding Seminar Nasional PS2DMP UNLAM 1(1):27–32.

Karyati, Faridah. 2017. “Pengembangan Media Gambar Dalam Meningkatkan Pembelajaran Matematika.” Jurnal Pendidikan Dan Keguruan 3(April):312–20.

Mappeasse, M. Y. (2009). Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC ) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal Medtek.

Nurbudiyani, I. (2013). Pelaksanaan Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III SD Muhammadiyah Palangkaraya. Occupational Medicine, 53(4), 130.

Nurdin, H. Syafruddi. 2016. “Guru Profesional Dan Penelitian Tindakan Kelas.” Journal of Education Studies 1(1):1–12.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Oktaviyanti, I., Aryanti Amanatulah, D., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589–5597. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2719

Purnamasari, Mega, Jainuri Isman, Aulia Damayanti, dan Ismah. 2017. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Terhadap Konsep Bangun Ruang materi luas dan volume balok dan kubus menggunakan metode drill sekolah smp islam al-ghazali kelas viii.” FIBONACI : Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika 3(1):45–52.

Rohman, Pupung Syaeful, Lusi Susianti, and Mohamad Jamaludin. 2021. “Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Media Gambar Dengan Media Model Padat Pada Materi Geometri.” Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika 11(Vol 11 No 2):65–78. doi: 10.23969/pjme.v11i2.4571.

Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2019). PERAN MEDIA PEMBELAJARAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. 2(1).

Utami, Sarwik. 2018. “Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7(1):137. doi: 10.33578/jpfkip.v7i1.5346.

Wicaksono, A. (2017). Peran Media Audio dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Apresiasi Cerita Pendek. SHAHIH : Journal of Islamicate Multidisciplinary, 2(1), 67. https://doi.org/10.22515/shahih.v2i1.670


Refbacks

  • There are currently no refbacks.