Peningkatan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Problem Based Learning

Meleninda Cantika Widuri, Endang Sri Maruti, Sri Budiyartarti

Abstract


Memiliki kecakapan untuk bisa berpikir kritis merupakan suatu hal penting, dikarenakan kemampuan berpikir kritis ini dapat digunakan untuk penyelesaian masalah dan pemilihan keputusan yang tepat terutama dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengunggulkan kecakapan berpikir kritis yaitu model Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis yang dimiliki siswa sekolah dasar menggunakan model  Problem Based Learning pada siswa kelas  IV SDN 02 Mojorejo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang direalisasikan sebanyak dua skilus Pengumpulan data dilaksanakan dengan obervasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang diambil adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkat setelah penerapan model Problem Based Learning yang dilaksanakan selama II siklus.


Keywords


Kemampuan Berpikir Kritis; Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230

Dewi, R. P. (2019). Studi Kasus - Metode Penelitian Kualitatif. April 2015, 31–46. https://doi.org/10.31227/osf.io/f8vwb

Hartono, Y. (2017). Pendidikan Nasional dan Kualitas Manusia Indonesia Dalam Perspektif Sejarah. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 7(2), 84. https://doi.org/10.25273/ajsp.v7i2.1491

Herzon, H. H., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10446

Joesyiana, K. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Observasi Lapangan (Outdor Study) Pada Mata Kuliah Manajemen Operasional (Survey Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Semester III Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Beserta Persada Bunda). PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 6(2), 90–103.

Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016–2024. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.244

Qomariyah, E. N. (2016). Pengaruh problem based learning (pbl) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran kimia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 23(2), 132–141.

Ramlawati, Yunus, S. R., & Insani, A. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat, 6(1), 1–14. http://ojs.unm.ac.id/sainsmat/article/download/6451/3684

Rosliani, V. D., & Munandar, D. R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Pecahan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 401–409. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1968

Susanti, E. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sdn Margorejo VI Surabaya melalui Model Jigsaw. Bioedusiana, 4(2), 55–64. https://doi.org/10.34289/285232


Refbacks

  • There are currently no refbacks.