Pengembangan modul berbasis etnomatematika pada pembelajaran matematika siswa kelas V sekolah dasar

Renni Hardyanti, Dian Nur Antika, Dian Permatasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis etnomatematika pada
pembelajaran matematika siswa kelas v sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode R&D
dengan desain model 4D yang dibatasi oleh peneliti hanya sampai 3 tahap saja yaitu tahap
pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop),
Instrumen pengumpulan data diperoleh dari angket yang diisi oleh dua ahli untuk menguji validitas
serta respon guru dan siswa untuk menguji praktikalitas. Data yang diperoleh dari angket dianalisis
secarakuantitatif dan diinterpretasikan dengan pedoman kategori penilaian untuk menentukan
kualitas produk. Hasil validasi ahli materi diperoleh persentasi sebesar 85% dan ahli desain 98%.
Sehingga menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan sangat valid. Sedangkan hasil
praktikalitas berdasarkan angket respon siswa menggunakan dengan 2 tahap. Tahap 1 yaitu uji
kelompok kecil yang diberikan kepada 10 responden dengan hasil yang diperoleh 92,6% dan
penilaian ke 2 yaitu dengan uji kelompok besar dengan jumlah responden 28 siswa dengan hasil
92,32% dan angket respon guru diperoleh persentasi sebesar 100%. Hal tersebut menunjukkan
bahwa modul yang dikembangkan sangat praktis digunakan dalan proses pembelajaran.
Berdasarkan hasil penilaian oleh validator, respon siswa dan guru maka modul berbasis
etnomatematika pada pembelajaran matematika siswa kelas v sekolah dasar memenuhi kriteria
valid dan praktis.


Keywords


Modul etnomatematika, pembelajaran matematika; siswa kelas V sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan Kemampuan Pemahaman dan

Penalaran Matematismelalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktika Matematika,

(1), 47–54.

Hidayati, S., Putri, A. N., & Hindrasti, N. E. K. (2021). ANALISIS KEBUTUHAN DALAM

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN CERITA BERGAMBAR PADA MATERI

SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII. Studen Online Journal, 2(1), 444–450.

Nurhasanah, F., Kusumah, Y. S., & Sabandar, J. (2017). Concept of Triangle : Examples of

Mathematical. International Journal on Emerging Mathematics Education, 1(1), 53–70.

Prasetiyo, N. A., & Perwiraningtyas, P. (2017). The Development of Environment based

Textbook in Biology Course at Tribhuwana Tunggadewi University. Jurnal Pendidikan

Biologi Indonesia, 3(1), 19. https://doi.org/10.22219/jpbi.v3i1.3969

Rudyanto, H. E., Jatmiko, Ghufron, A., & Hartono. (2019). Do Elementary School Students Like

Mathematics? 326(Iccie 2018), 241–245. https://doi.org/10.2991/iccie-18.2019.43

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualittaif, Kombinasi, R&D dan

Penelitian Pendidikan) (3rd ed.). Alfabeta.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan

Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational

Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621

Young, J. R. (2017). Technology Integration in Mathematics Education: Examining the

Quality of Meta-Analytic Research. International Journal on Emerging Mathematics

Education, 1(1), 71. https://doi.org/10.12928/ijeme.v1i1.5713


Refbacks

  • There are currently no refbacks.