Peran Orang Tua Terhadap Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar IPS Siswa SD Pada Masa Pandemi Covid-19

Winarni Winarni, Sudarmiani Sudarmiani, Moh Rifai

Abstract


Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS di masa
pandemi Covid-19 SDN 1 Pengkol Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas dengan melibatkan Peran Orang Tua Terhadap Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar
IPS Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Pengkol Kabupaten
Ponorogo dengan jumlah perempuan 30 laki-laki 28 dengan jumlah siswa seluruhnya 58
siswa. Desain penelitian kolaboratif,yaitu melibatkan semua orang yang bertanggung jawab untuk
meningkatkan pendidikan.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan bahwa ketercapaian hasil
belajar pada pra siklus nilai rata-rata pengetahuan dan ketrampilan belum mencapai KKM sebesar
75.Pada siklus I banyak mengalami peningkatan. Nilai rata-rata pengetahuan 90 dan ketrampilan
87,8. Dengan siklus II merupakan akhir rangkaian penelitian tindakan dan tidak perlu dilakukan
siklus berikutnya. Berdasarkan hasil tindakan yang dilakukan pada pra siklus sampai siklus II dapat
disimpulkan bahwa : (1) Peran Orang Tua Terhadap Keaktifan Belajar dapat meningkatkan Belajar
IPS Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19, (2) Peran Orang Tua Terhadap dapat meningkatkan Hasil
Belajar IPS Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 SDN 1 Pengkol Kabupaten Ponorogo tahun
pelajaran 2021/2022


Keywords


Peran Orang Tua, Keaktifan Belajar; Hasil Belajar Pandemi Covid 19

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis.Jakarta:

PT.Rineka Cipta

Asrori, Mohammad, (2009)Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Bandun Wacana Prima

Novrinda. (2017). “Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau dari Latar

Belakang Pendidikan”, dalam Jurnal Potensia PG-PAUD FKIP UNIB, Vol. 2, No. 1,

Tahun 2017

Martsiswati, Ernie dan Yoyon Suryono. (2014). Peran Orang Tua dan Pendidik dalam

Menerapkan Perilaku Disiplin Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan

Pemberdayaan Masyaraka

Parji, Sudarmiani, dkk.(2020) Environmental Impact Analysis on The Covid 19 Pandemic

to primary Education Learning Process in Madiun Jawa Timur Indonesia.Elementary

Education Online


Refbacks

  • There are currently no refbacks.