Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Puzzle Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDIT As-Syafi’iyah Kecamatan Jambon Ponorogo

Dinadya Nurfahmi Khoirunisa, M. Soeprijadi Djoko Laksana, Tri Wahyuni Chasanatun

Abstract


Keterampilan berinovasi dalam kegiatan pembelajaran sangat diperlukan untuk mempermudah siswa memahami konsep-konsep matematika yang abstrak. Salah satu alat peraga yang dapat memudahkan siswa mempelajari matematika yaitu Puzzle Pecahan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain (Quasi Exsperimental Design). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan alat peraga Puzzle Pecahan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDIT As-Syafi’iyah Kecamatan Jambon Ponorogo Tahun Ajaran 2021-2022. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDIT As-Syafi’iyah Kecamatan Jambon Ponorogo. Sedangkan Sampel yang digunakan yaitu kelas V yang terdiri 5A sebagai kelas eksperimen dan kelas 5B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi silabus, RPP, dan soal pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes, dan kuesioner (angket). Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran dengan alat peraga Puzzle Pecahan terdapat pengaruh penggunaan alat peraga Puzzle Pecahan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDIT As-Syafi’iyah Kecamatan Jambon Ponorogo Tahun Ajaran 2021-2022. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan thitung (3,906) > ttabel (1,684) berarti pada penelitian ini Hoditolak dan Hiditerima.

Keywords


Alat peraga; Puzzle pecahan; Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Bunga Harumsari, H. Muhammad Ali, P. L. (2018). Pengaruh Metode Demonstrasi dengan Menggunakan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Fisika Materi Hukum II Newton pada Kelas X di SMA Negeri 1 Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir. Prosding Seminar Nasional, 519–524.

Mansur, W. A. dan. (2017). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Mistar Hitung Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat. Primary, 09(01), 55–78.

Mulyono, D., Asmawi, M., & Nuriah, T. (2018). The Effect of Reciprocal Teaching, Student Facilitator and Explaining and Learning Independence on Mathematical Learning Results by Controlling the Initial Ability of Students. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(3), 199–205. https://doi.org/10.12973/iejme/ 3838

Nur Ainun Siti Fadilah, R. M. (2021). Pengaruh Alat Peraga Pacapi (Papan Pecahan Pizza) terhadap Hasil Belajar untuk Siswa Sekolah Dasar pada Materi Pecahan. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 301–309.

Oktaviyanto, A. (2012). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Puzzle Venn terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok bahasan Himpunan. 1–86.

S. H. Khotimah, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 48–55.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.