Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya dengan Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adelia, B., & Asiyah, S. (2019). Penerapan Model Ctl (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Kemampuan Memahami Lingkungan Dan Daerah Sekitar Pada Siswa Kelas Xi Ips Sma Ykpp Talang Ubi Kabupaten Pali. JURNAL SWARNABHUMI : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi, 4(2), 66. https://doi.org/ 10.31851/swarnabhumi. v4i2.3204
Adim, M., Sri, E., Herawati, B., Nuraya, N., Pendidikan Guru, P., & Dasar, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Menggunakan Media Kartu Terhadap Minat Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 3(1), 6–12.
Andriana, E., Ramadayanti, S., & Noviyanti, T. E. (2020). PEMBELAJARAN IPA DI SD PADA MASA COVID 19. 3, 410.
Bogor, K., & Kota, T. (2021). http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK Vol. 10 No. 2, Juni 2021. 10(2).
Djoehaeni, H. (2016). the Implementation of Contextual Teaching and Learning Model in Environment Education in Kindergarten. Edutech, 15(1), 81. https://doi.org/ 10.17509/edutech.v15i1.2233
Farida, T. E. (2020). Jurnal Educatio FKIP UNMA. Jurnal Educatio, 6(1), 55–60.
Hasibuan, D. H. M. I., & Pd, M. (2014). MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) Oleh. II(01), 1–12.
Kholida, S. I., Andi, H. J., Studi, P., Fisika, P., & Madura, U. I. (2016). PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP PENINGKATAN. 2(2), 166–175.
Panjaitan, W. A., Simarmata, E. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1350–1357. https://doi.org/10.31004/basicedu. v4i4.549
Prasasti, P. A. T. (2018). Efektivitas Scientific Approach With Guided Experiment Pada Pembelajaran Ipa Untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 16. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3623
Simanjuntak, A. (2017). TATA SURYA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) DI KELAS VI SD NEGERI 064954 MEDAN AMPLAS T . A 2015 / 2016. 01, 35–45.
Sulistiani, I. R. (2020). Contextual Teaching and Learning ( Ctl) Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 40. https://doi.org/10.33474/elementeris.v2i1.6966
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01), 36–46. https://doi.org/10.29040/ jie.v2i01.175
Trisnawaty, F. (2017). Peningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas Iv Sd. Satya Widya, 33(1), 37. https://doi.org/ 10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p37-44
Wiyono, B. H., & Budhi, W. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Ctl Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Viii Ditinjau Dari Kemampuan Berkomunikasi. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 11. https://doi.org/10.30738/natural.v5i1.2561
Refbacks
- There are currently no refbacks.