PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V

Umi Lativatul Aisiyah, Tri Wahyuni Chasanatun,, Mochamad Soeprijadi Djoko Laksana

Abstract


Penelitian ini dilakukanuntukmengetahui apakah model pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 01 Manisrejo Kota Madiun. Pada penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen ataueksperimensemu.Metodeinimerupakanpengembangandaritrueexperimentalyangsulit
dilaksanakan. Dalam metode quasy experimentaal ini memiliki kelompok kontrol, sehingga tidak
dapatberfungsisepenuhnyauntukmengontrolvariabel-variabelluaryangmempengaruhi
pelaksanaan eksperimen.Metode ini dikembangkan untuk mengatasi kesulitan dalam menentukan
kelompok kontrol dalam penelitian.Sedangkan bentuk desain yang dipilih pada penelitian ini
adalah Posttest-Only Control Design. Kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) siswa kelas V B SDN Manisrejo 1 memiliki
rata-ratanilaiyanglebihbaikbiladibandingkandengankelaskontrolyangdiajartanpa
menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).

Keywords


Contextual Teaching and Learning (CTL), Model pembelajaran, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Ahrisya, Ledy. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and

Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar: JKTP Jurnal

Kajian Teknologi. Volume 2, No 4, November 2019: 306-314.

Esti Ismawati. 2012. Telaah Kurikulum dan Pengembangan Bahan Ajar.

Yogyakarta: Ombak Dua.

Helminsyah & Husein, Anwar. 2020. Pengaruh Pembelajaran CTL dalam

Meningkatkan Ketuntasan Prestasu Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri 8

Banda Aceh: Jurnal Tunas Bangsa.ISSN 2355-0066. Banda Aceh.

Hikam, Fajar F & Karima, Salma. 2020. Pengaruh Contextual Teaching And

Learning (CTL) terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi PAI di SDIT

Insantama Banjar. Didaktita: Jurnal Kependidikan. Vol. 9, No. 1, Februari 2020..

Irhamni (2017) Prinsip-Prinsip Dan Pendekatan Dalam Penilaian Hasil Belajar.

Jurnal Intelektualita. Vol. 5 No. 1. Hal. 111-119.

Khauro, K., Setiyawan, A., & Citrawati, T. 2020. Pengaruh Metode Ceramah

Terhadap Hasil Belajar Dalam Pelajaran Matematika Kelas I SDN Telang 1.

Prosiding. IKIP PGRI Bojonegoro.

Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi.

Bandung: Refika Aditama.

Muslich, Masnur. 2009. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual.

Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. 2011. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riduwan. 2012. Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta.

Ropii. M. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Lombok Timur. Universitas Hamzanwadi

Press.

Rusman, E. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme

Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sari, Eka Widya. 2020. Pengaruh Model CTL Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar

Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Program Studi Pendidikan Kimia

FKIP Untan. Pontianak.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.