PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V
Abstract
dilaksanakan. Dalam metode quasy experimentaal ini memiliki kelompok kontrol, sehingga tidak
dapatberfungsisepenuhnyauntukmengontrolvariabel-variabelluaryangmempengaruhi
pelaksanaan eksperimen.Metode ini dikembangkan untuk mengatasi kesulitan dalam menentukan
kelompok kontrol dalam penelitian.Sedangkan bentuk desain yang dipilih pada penelitian ini
adalah Posttest-Only Control Design. Kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) siswa kelas V B SDN Manisrejo 1 memiliki
rata-ratanilaiyanglebihbaikbiladibandingkandengankelaskontrolyangdiajartanpa
menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahrisya, Ledy. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and
Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar: JKTP Jurnal
Kajian Teknologi. Volume 2, No 4, November 2019: 306-314.
Esti Ismawati. 2012. Telaah Kurikulum dan Pengembangan Bahan Ajar.
Yogyakarta: Ombak Dua.
Helminsyah & Husein, Anwar. 2020. Pengaruh Pembelajaran CTL dalam
Meningkatkan Ketuntasan Prestasu Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri 8
Banda Aceh: Jurnal Tunas Bangsa.ISSN 2355-0066. Banda Aceh.
Hikam, Fajar F & Karima, Salma. 2020. Pengaruh Contextual Teaching And
Learning (CTL) terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi PAI di SDIT
Insantama Banjar. Didaktita: Jurnal Kependidikan. Vol. 9, No. 1, Februari 2020..
Irhamni (2017) Prinsip-Prinsip Dan Pendekatan Dalam Penilaian Hasil Belajar.
Jurnal Intelektualita. Vol. 5 No. 1. Hal. 111-119.
Khauro, K., Setiyawan, A., & Citrawati, T. 2020. Pengaruh Metode Ceramah
Terhadap Hasil Belajar Dalam Pelajaran Matematika Kelas I SDN Telang 1.
Prosiding. IKIP PGRI Bojonegoro.
Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi.
Bandung: Refika Aditama.
Muslich, Masnur. 2009. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual.
Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. 2011. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riduwan. 2012. Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta.
Ropii. M. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Lombok Timur. Universitas Hamzanwadi
Press.
Rusman, E. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme
Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sari, Eka Widya. 2020. Pengaruh Model CTL Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar
Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Program Studi Pendidikan Kimia
FKIP Untan. Pontianak.
Refbacks
- There are currently no refbacks.