Analisis kemampuan membaca siswa kelas II sekolah dasar

Rafifah Yumna Salsabila, Sri Lestari, Melik Budiarti

Abstract


Kemampuan membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang mendasar. Dengan membaca siswa akan menerapkan kemampuan lainnya yaitu berbicara. Dan juga siswa yang tidak mampu membaca akan sulit untuk memenuhi kemampuannya dalam menulis. Kemampuan membaca siswa kelas II termasuk kedalam tahap membaca permulaan, penelitian kali ini akan membahas mengenai “Kemampuan Membaca Siswa Kelas II Di SDN Pandean”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan membaca siswa kelas II, termasuk kedalam kategori kemampuan membaca tinggi, sedang atau rendah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pemilihan responden pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah responden 5 orang siswa dan 2 guru wali kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, nilai dan wawancara. Dengan hasil penelitian yaitu, kemampuan membaca siswa kelas II di SDN Pandean terbagi menjadi tiga kategori, yaitu dari 55 siswa, 45 orang siswa termasuk kedalam kategori tinggi karena sudah mampu membaca dengan lancar dan memenuhi seluruh aspek, 4 orang siswa membaca dengan kategori sedang karena membaca dengan terbata-bata dan 6 orang siswa dengan kategori rendah karena siswa belum mampu menghafal huruf.


Keywords


kemampuan membaca; siswa kelas II

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2006, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta

Ilham, M &Wijiati, A. (2020), Keterampilan Berbicara: Pengantar Kemampuan Berbahasa.Pasuruan : Lembaga Academic & Research Institute

Herlinyanto (2015), Membaca Pemahaman Dengan Strategi KWL (Pemahaman dan Minat Baca, Yogyakarta : Penerbit DeePublish

Harras, K. A. (2011). Hakikat Membaca. Modul kuliah di UPI. Diakses dari dari http://file. upi. edu, pada, 10

Patiung, D. (2016). Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352-376.

Putri, D., & Elvina, S. P. (2019). KETERAMPILAN BERBAHASA DI SEKOLAH DASAR: Melalui Metode Game’s. Penerbit Qiara Media.

Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai cermin kebudayaan. Jurnal tarbiyah, 24(2).

Zaim, M .2016. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris. Jakarta:Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.