Pemanfaatan video pada pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik

Siti Hartinah, Sri Lestari, Ivayuni Listiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pemanfaatan video pada pembelajaran tematikĀ  dengan pendekatan saintifik Kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode diskriptif. Subyek penelitian terdiri dari pendidik dan peserta didik kelas IV. Penelitian di lakukan di SDN 01 Pandean kota Madiun. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Instrumen pengumpulan data terdiri atas dokumentasi Rencana Pelaksananaan Pembelajaran, wawancara pendidik kelas IV, observasi kegiatan pembelajaran dan peserta didik (afektif dan psikomotorik) serta tes soal. Penelitian ini menggunakan validasi berupa triangulasi data sumber dan juga data tes. Hasil penilitian ini adalah (1) implementasi pembelajaran pendekatan saintifik dengan pemanfaatan video pada pembelajaran tematik kelas IV SD, yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dengan baik, mencapai nilai rata-rata 7,57 dengan kategori baik. (2) kelebihan dan kekurangan implementasi pembelajaran pendekatan saintifik dengan pemanfaatan video pada pembelajaran tematik kelas IV SD, yaitu: kelebihannya dapat membuat peserta didik lebih tertarik, aktif, semangat atau termotivasi dalam mengikuti pembelajarannya dan dapat merubah pola pikirnya meliputi kognitif, afektif dan psikomotorik. Kekurangannya terletak pada alokasi waktu dan peserta didik cenderung pasif, solusi dari pendidik dengan membimbing dan memacing peserta didik saat berpikir, dan mendekati peserta didik yang cenderung pasif.


Keywords


Pembelajaran Pendekatan Saintifik; Video; Pembelajaran Tematik

Full Text:

PDF

References


Facthurrohman. (2014). Tematik Integratif : Konsep Dasar dan Aplikasi.

Fauziah, M., Chamdani, M., & Joharman. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Video dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Tentang Kegiatan Ekonomi pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tanggeran Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3.

Kurniawan, D. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penelian). Bandung: Alfabeta.

Makmunah, S. J., Tripalupi, L. E., & Haris, I. A. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 336.

Malawi, I., & Ani, K. (2016). Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Magetan: CV. AE Media Grafika.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta.

Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di SD. Jurnal Pendidikan, 1574.

Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Siyoto, S., Kes, & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Uswatun, D. A., & Widiyanto, R. (2018). Analisis Aktivitas Peserta Didik dalam Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik di SD sebagai Implementasi 21st Century Skills. Jurnal Pendidikan IPA Veteran, 184.

Wahyudi, M. C. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 Di SDmasalah Dan Solusinya(Studi Kasus Di Kabupaten Kebumen). Jurnal Riset Pedagogik, 93.

Wardana, L. A., & Husen, C. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS (Studi Kelas IV SDN Tamansari 4 Probolinggo). Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 103.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.