Pengaruh strategi DRTA terhadap kemampuan membaca

Evita Krismonika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan membaca pemahaman pada pembelajaran tematik di SDN 03 Madiun Lor. Penelitian dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 27 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua kali tatap muka. Metode yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Berdasarkan hasil pretest diperoleh rata-rata 60,74. Sedangkan hasil posttest mendapatkan nilai rata-rata sebesar 78,89. Pengujian hipotesis dilakukan dengan teknik paired two sample for means atau T-Test dengan perolehan thitung sebesar 10,234, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut dikarenakan 10,234 > 2,056 sehingga membuktikan bahwa strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di SDN 03 Madiun Lor

Keywords


Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA); kemampuan membaca pemahaman

Full Text:

PDF

References


Dalman, H. (2013). Keterampilan membaca. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Tarigan, H. G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Lutfiana ,Eka (2017). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Dalam Menemukan Kalimat Utama Di Sdn Mranggen 2. Jurnal Universitas PGRI Semarang.

Darmawan, D. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Putri, P. N. A. K., Arini, N. W., & Sumantri, M. (2019). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) berbantuan media flip chart terhadap keterampilan membaca pemahaman. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 158-166.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.