Implementasi pojok baca di sekolah dasar (studi kasus pada siswa kelas IV sekolah dasar)

Pipit Puspita Ningrum, Maya Kartika Sari, Sri Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pojok baca Di SDN Kedungpanji 01 beserta faktor penghambat dan pendukung penerapan pojok baca. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif studi kasus. Sumber data diperoleh melalui data yang dikumpulkan peneliti menggunakan teknik triangulasi dan subjek penelitian 3 guru dan 5 siswa. Pengumpulan data diperoleh menggunakan observasi dan wawancara yang dilakukan di SDN Kedungpanji 01. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan program pojok baca sudah berjalan dengan baik. Terdapat beberapa kegiatan antara lain: Membaca buku sejarah, baca senyap, membaca buku cerita, dan presentasi dari hasil membaca senyap. Adapun faktor pendukung antara lain motivasi guru dan ragam hiasan dari pojok baca yang dihias semenarik mungkin ditambah ada slogan mengenai pntingnya membaca anak-anak sangat antusias dan semangat membaca. Faktor penghambatnya  yaitu buku-buku bacaan siswa di pojok baca hanya sedikit dan kurang bervarasi.


Keywords


Pojok Baca

Full Text:

PDF

References


Damaji, Ratmono, S.E., & IP, S. (2020). Konsep dan Perencanaan Pojok Baca Ombudsman dalam Meningkatkan Mint Baca dan Pengetahuan Masyarakat di Indonesia terhadap Ombudsman RI. MADIKA: Media Informasi dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), 30-41.

Danu, A.K. (2019) Optimalisasi budaya literasi melalui komunitas sastra anak di SDK Ruteng 3, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Randang Tana-Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2(1), 21-29.

Dewantara, I.P.M., & Tantri, A.A.S. (2017). Keefektifan budaya literasi di SDN 3 Banjar Jawa untuk meningkatkan minat baca. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 204-209.

Faradina, N. (2017). pengaruh program gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyaah An-Najah Jatinom Klaten. Hanata Widya, 6(8), 60-69)

Hartyatni M.S. 2018 Membangun Budaya Baca Melalui Pengelolaan Media Sudut Baca Kelas Dengan “12345”. Jurnal Pendidikan Dan Pengembangan SD: Volume 6 : 1-11

Hidayanto, J. (2013). Upaya Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Melalui Tamna Bacaan Masyarakat Area Public Di Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Semarang)

Irna, I. (2019). Menumbuhkan minat baca anak Usia Dini melalui implementasi literasi keluarga”. Fascho: Kajian Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 1(1), 15-34

Masruroh R.V. 2017 Analisis Pemanfaatan Sudut Baca di Lingkungan Sekolah Guna Menumbuhkan Budaya Literasi Pada Siswa di SD Negeri Polomarto. Skripsi Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Pratiwi, N.K. (2017). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa smk kesehatan di kota tangerang. Pujangga, 1(2), 31.

Rofi’uddin, M.A., & Hermintoyo, H. (2017). Pengaruh Pojok Baca Terhadap Peningktan Minat Baca Siswa Di Smp Negeri 3 Pati. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1)

Sugiyono. 2014 Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung : Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.