Pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL terhadap keterampilan HOTS siswa SD

Hanif Masduriah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan HOTS siswa SD dalam pembelajaran tematik. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang memanfaatkan kecerdasan berpikir peserta didik dalam menyelesaikan suatu permasalahan pada materi pembelajara yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Sedangkan Higher Order Thingking Skill (HOTS) adalah proses berpikir pada level tertinggi dalam menggali dan menemukan pengetahuan baru dari berbagai konsep pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III A SDN 02 Pangongangan yang berjumlah 28 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pengumpulan data keterampilan HOTS menggunakan teknik tes dengan instrumen berupa soal objektif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistika inferensial berupa uji prasyarat dan uji hipotesis.


Keywords


Problem Based Learning; keterampilan HOTS; pembelajaran tematik

Full Text:

PDF

References


Abdurrozak, dkk. 2016 . Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL)Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Junal Pena Ilmiah 1:1-9

Arifin, Z. 2017. Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal THEOREMS, Vol 1(2)

Ariyana,Y. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan.

Riadi, A. 2016. Problem Based Learning Meningkatkan Higher Order Thinking Skills Siswa Kelas VIII SMPN 1 Daha Utara dan SMPN 2 Daha Utara. Math didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 2(3)

Deviana, T., Kusumaningtyas, D. I. 2019. Analisis Kebutuhan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Tematik Berbasis HOTS pada Kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah 05 Batu. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, Vol 3 No 2, 64-74

Dinni, H. N. 2018. HOTS (High Order Thinking Skill) dan Kaitannya Dengan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA 1, mei 2017, Hal 38-53

Fanani, A. 2018. Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar.

Haji, S.2015.Pembelajaran Tematik yang Ideal di SD/MI. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 2(1),56-69

Hidayah, N. 2015. Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34-49

King, FJ., Goodson, L., Rohani, F. 2013. Higher Order Thinking Skill.

Lidinillah, D. A. M. 2013. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(1)

Maharani, A. D. & Utami, T. S. 2019. HOTS Pada Assesment Pembelajaran Tematik Muatan Pembelajaran IPA Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, Vol 1 (1)

Malawi, I., dkk. 2019. Pembaharuan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Magetan : CV AE Media Grafika

Malawi, I., Kadarwati, Ani., & Dayu, Dian Permata K. 2019. Teori dan Aplikasi Pembelajaran Terpadu. Magetan : CV AE Media Grafika

Muklis, M. 2012. Pembelajaran Tematik. FENOMENA, 4(1), 63-76

Permendikbud No 67 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah

Rosidah, C.T. 2018. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk menumbuhkembangkan Higher Order Thinking Skill siswa SD. Jurnal Inventa. 2(1): 62-71

Rosnawati, R. 2009. Enam Tahapan Aktifitas dalam Pembelajaran Matematika untuk Mendayagunakan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA. Fakultas MIPA, UNY.

Sugianti, L., dkk. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kemampuan Menanya dalam Pembelajaran Matematika Kelas V SD. Pendasi : Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, Vol 2, No 1

Surya, Y. F. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Junal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 1, No 1, Mei 2017, Hal 38-53

Yuniarti, Y. 2016. Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Dosen UPI Kampus Cibiru


Refbacks

  • There are currently no refbacks.