Analisis dampak pembiasaan pagi hari terhadap karakter sopan santun di SDN Manisrejo

Arum Widya Pustikasari

Abstract


Pembiasaan pagi hari merupakan suatu metode atau cara yang sangat efektif diterapkan kepada siswa salah satunya berupa kegiatan terprogram yang bertujuan untuk membentuk karakter positif. Pembiasaan yang dilakukan setiap hari secara rutin dan berulang-ulang akan memberikan kebiasaan pada perilaku siswa diantaranya didalam menerapkan suatu perilaku positif yang diajarkan agar diterapkan dengan baik dan benar di kehidupan sehari-hari. Mengingat bahwa penanaman karakter yang paling kuat adalah dengan melalui pembiasaan yang diamalkan dan ditanamkan sejak dini mungkin terutama dalam pembentukan karakter sopan santun di sekolah dasar. Karakter sopan santun sangat penting untuk dimili oleh masing-masing siswa. Karena pada dasarnya kesopanan sebagai prioritas utama dalam sikap penghormatan yang harus dicerminkan oleh siswa sebagai pelajar terdidik. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa di SDN 02 Manisrejo terutama siswa kelas 5 telah menerapkan karakter sopan santun dengan kesadaran masing-masing serta adanya kegiatan pembiasaan telah memberikan dampak positif pada karakter siswa. Selain itu terdapat beberapa faktor penyebab lunturnya nilai sopan santun dan peran guru dalam membimbing siswa sangat penting. Berdasarkan paparan data tersebut peneliti memperoleh data dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan teknik analisis data berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara.

Keywords


Pembiasaan pagi hari; Karakter sopan santun

Full Text:

PDF

References


Aini, Qurratul. 2019. Pengembangan Karakter Sopan Santun Melalui Kegiatan Bermain Peran pada Anak Usia Dini di TK Adirasa Jumiang. Vol 1(2). https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/IEK/index IAIN Madura

Andiarinini, Dkk. (2018). Implementasi program penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan dalam peningkatan mutu sekolah. Vol 1(2), 238-243. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan. Universitas Negeri Malang

Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan : Metode dan Paradigma Baru, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Dirjenpendiknas, 2012. Pendidikan karakter pada pendidikan anak usia dini.

Gularso, Dhiniaty & Firoini, Anso, K. (2015). Pendidikan karakter melalui program pembiasaan di SD Islam Terpadu Insan Utama Bantul Yogyakarta. Vol 1(3), 158-159. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. Universitas PGRI Yogyakarta

Hariyanto, Samani. 2012. Konsep dan Model pendidikan karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Kholifah, Titis. (2020). Upaya guru mengembangkan karakter peserta didik sekolah dasar melalui pendidik ramah anak. Vol 1(2), 135-136. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Universitas Kristen Satya Wacana

Lickona, T. 2013. Educating For Character mendidik untuk membentuk karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara

Munir, Abdullah. 2010. Pendidikan Karakter membangun karakter anak sejak dari rumah. Yogyakarta: PT Bintang Pustaka Abadi (BiPA)

Nuryanti, (2019). Penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan di sekolah dasar. SDN Purwodadi 1 Tepus. Prosiding Seminar Nasional

Rizkia, Dwi & Zaedi, M. (2019). Analisis model pembelajaran berkarakter dan relevansinya terhadap pendidikan islam. Vol 5(2), 28. https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/jurnalRisalah

Sugiyono. 2013. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode penelitian manajemen pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi (mixed methods), penelitian tindakan (action research), penelitian evaluasi. Bandung: 2016

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Trianis, I & Fadhilah, N. (2019). Implementasi metode pembiasaan berbasis budaya sekolah untuk meningkatkan karakter religius anak berkebutuhan khusus di SMPB-PRI Pekalongan. Vol 13(2), 204-205. Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam

Widyanti, Hanny & Yani, Turhan, M. (2014). Pembentukan karakter siswa melalui program Lima S (senyum, sapa, salam, sopan, santun) di SMA Negeri 1 Sidoarjo. Vol 3(2), 786. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. UNESA

Wiyani, Ardy. (2017). Pengembangan Program Kegiatan Pembiasaan Berbasis TQM di Raudhatul Athfal (RA). Vol 3(1), 1-18. Junal Pendidikan Anak. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto

Yudabangsa, Andrian. (2020). Pengembangan kesadaran keberagaman dan pembentukan karakter siswa melalui pembiasaan shalat dhuha. Vol 2(1), 120. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. https://www.attactivejournal.com/index.php/aj/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.