Hubungan penggunaan aplikasi tik tok dengan degradasi karakter siswa SD

Firgian Adisaputra, Sri Budyartati, Apri Kartikasari HS

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan penggunaan aplikasi Tik Tok dengan degradasi karakter siswa SD. Media sosial bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam hal berkomunikasi sehingga memiliki dampak bagi pengguna baik itu pendidikan karakter, akhlak, dan degradasi karakter. Tik Tok merupakan salah satu media sosial baru dimana setiap pengguna bisa membuat, berbagi video serta berinteraksi secara langsung melalui kolom komentar maupun chat pribadi. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif korelasi yang menggunakan desain penelitian paradigma sederhana. Jumlah sampel penelitian adalah 114 orang siswa kelas V di sekolah dasar Se-Kecamatan Taman. Pengambilan sampel dengan cara Probability Sample untuk menentukan besarnya sampel di setiap sekolah dasar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik kuisioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis normalitas dan analisis linieritas untuk uji hipotesis dengan bantuan program SPSS for windows seri 26. Dalam penggunaan aplikasi Tik Tok yaitu  kemungkinan degradasi karakter yang terbentuk berdasarkan manfaat dimana Tik Tok tidak memberikan manfaat bagi penggunanya. Dari degradasi karakter yang dihasilkan yaitu siswa tidak menghormati orang yang lebih tua, berperilaku layaknya orang yang sudah dewasa dan bertutur kata tidak sopan. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, memperoleh hasil koefisien korelasi (rxy) atau r hitung sebesar -,033 dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan jumlah responden (n) = 114 siswa. Sehingga memperoleh r tabel = 0,182, dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa  r hitung < r tabel maka dapat hipotesis alternatif (Ho) diterima yaitu tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara aplikasi Tik Tok (X) dan degradasi karakter (Y) siswa kelas V SDN Se-Kecamatan Taman. Hasil perhitungan hubungan antara variabel aplikasi Tik Tok (X) dan degradasi karakter (Y)  ditunjukkan dengan korelasi rxy 0,033. Berdasarkan tabel intrepretasi nilai r korelasi rxy 0,033 terletak pada rentan nilai r 0,00-0,033 berada pada tingkat hubungan yang sangat rendah. Maka disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan aplikasi Tik Tok dan degradasi karakter. Dengan demikian, hasil penelitian in menunjukkan bahwa aplikasi Tik Tok tidak memberikan (sumbangan) dalam degradasi karakter yang dimiliki siswa.

Keywords


Aplikasi Tik Tok; Degradasi Karakter

Full Text:

PDF

References


Akademi, S., Bsi, K., Sitasi, C., Aplikasi, P., Sebagai, T., Branding, P., Instagram, D., Deskriptif, S., Pada, K., & Komunikasi, J. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Personal Branding Di Instagram ( Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @ bowo _ allpennliebe ). 9(2).

Deriyanto, D., & Qorib, F. (2018). Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang terhadap Penggunaan Aplikasi Tik Tok. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7(2), 77–83.

Di, S., Muhammadiyah, S. D., & Karanganyar, T. (2016). 1 1) , 2). 200–206.

Kunci, K. (2019). Kata Kunci : Internet, anak-anak, orang tua. 6, 53–60.

Arikunto, S .(2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta:PT. Rineka Cipta

Arikunto, S .(2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:PT. Rineka Cipta

Arrofi, A., & Hasfi, N. (2019). Memahami Pengalaman Komunikasi Orang Tua–Anak Ketika Menyaksikan Tayangan Anak-Anak Di Media Sosial Tik Tok. Interaksi Online, 7(3), 203-208.

Bungin, B. 2018. Metodelogi Penelitian Kuantitatif.Depok : Prenadamedia Group.

Darmawan, D .(2019). Metode Penelitian Kuantitatif.Bandung:PT. Remaja Rosdakarya

Liqian, H. (2018). Study on the perceived popularity of TikTok.

Pramesti, G. (2014). Kupas Tuntas Data Penelitian Dengan SPSS 22.Jakarta:PT. Elex Media Komputindo

Priyawan, P., Rusdianti, A., Nurfauziah, A., & Asmarani, A. (2019). When Fans And Haters Are On The Same Boat: A Deconstruction Reading Of Bowo And Tok Tok. Makna (Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa, dan Budaya), 4(1), 128-138.

Sugiyono. 2015. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi.Bandung: CV.Alfabeta.

Sugiyono. 2016 . Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, Dan R&D.Bandung: CV.Alfabeta.

Sugiono .2017. Metode Penelitian Kebijakan.Bandung:CV. Alfabeta

Wibowo, A. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.