PENGARUH REWARD AND PUNISHMENT PROGRAM TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 GEGER

Diah Ayu Setiyawati, Satrijo Budiwibowo, Farida Styaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reward and punishment program terhadap kedisiplinan peserta didik di SMK Negeri 1 Geger. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sumber data primer menggunakan kuesioner dan data sekunder berupa buku tata tertib peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat pengaruh antara reward and punishment program terhadap kedisiplinan peserta didik. Dengan adanya reward and punishment program kedisiplinan peserta didik menjadi meningkat. Peserta didik menjadi takut jika melanggar karena adanya punishment dan peserta didik termotivasi dengan adanya reward sehingga menjadikan peserta didik lebih disiplin

Full Text:

PDF

References


Al-Fandi. (2011). Desain Pembelajaran yang Demokratis & Humanis. Yogyakarta: Arruzz Media.

Ernata. (2017). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan Punishment Di Sdn Ngaringan 05 Kec.Gandusari Kab.Blitar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 781.

https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.781-790

Indrawati, & Maksum. (2013). Peningkatan Perilaku Disiplin Siswa Melalui Pemberian Reward Dan Punishment Dalam Pembelajaran Penjasorkes Pada Siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 01(02), 304–306.

Jamaluddin. (2017). Upaya Meningkatkan Kedisipilinan Kinerja Guru dalam Pembelajaran melalui Penerapan Reward and Punishment di SMA Negeri 1 Jangka. In Jurnal Serambi PTK.

Kusyairy, & Sulkipli. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward And Punishment. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 81–88.

Melinda, & Susanto. (2018). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa. International Journal of Elementary Education, 2(2), 81–86.

Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE

Purwanto. (2018). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru Dalam Kehadiran Mengajar Di Kelas Melalui Reward And Punishment Di SDN Bandulan 1 Kecamatan Sukun Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 94–101.

Siahaan, Rumiris. (2013). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Disiplin Kerja Karyawan Pada PT. Perkebunan Nusantara III Rambutan. Jurnal Ilmiah Bussines Progress, 1(01), 17–26.

Sujiantari. (2016). Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS (Studi Pada SMP Negeri 1 Singaraja Kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016). Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi, 7(2), 1–10.

Suwarno, & Farida. (2015). Pengaruh Reward And Punishment Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 3 Pandean Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers.

Wiyani. (2013). Manajemen Kelas Teori Dan Aplikasi Untuk Menciptakan Kelas Yang Kondusif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Wulandari, & Hidayat. (2014). Pengaruh Pemberian Reward And Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Passing Bawah Bola voli (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Yosowilangun Lumajang). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 02(03), 599–604. https://doi.org/10.1504/ijdmmm.2011.041808

Yana, Hajidin, & Safiah. (2016). Pemberian Reward Dan Punishment Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas V Di SDN 15 Lhokseumawe. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 11–18.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter