TINJAUAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET KERETA API

Kuspriyanto Kuspriyanto, Supri Wahyudi Utomo, Juli Murwani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari kegunaan persepsian, kemudahan penggunaan persepsian, sikap terhadap perilaku, minat perilaku dan perilaku terhadap keputusan pembelian tiket kereta api. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner untuk responden dalam penelitian ini ialah masyarakat kota Madiun yang pernah menggunakan aplikasi KAI Access. Dari lima variabel tersebut yang berpengaruh adalah variabel kemudahan penggunaan persepsian terhadap keputusan pembelian tiket kereta api. Artinya masyarakat membutuhkan aplikasi yang mudah digunakan untuk membeli tiket.

Full Text:

PDF

References


Dewi, P. D. S., & Santika, I. W. (2018). Pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Niat Beli Ulang Online Di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen, 7(8), 4124–4152.

Dyanrosi, A. (2015). Analisis Perilaku Wajib Pajak Orang Pribadi terhadap Minat Perilaku Menggunakan E-Filing. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 4(2), 354–365.

Hersanti, N. J., & Ratnawati, K. (2012). Pengaruh Atmosfer Terhadap Kepuasan dan Niatan Perilaku Konsumen di Toko âOenâ, Kota Malang. Jurnal Aplikasi Manajemen, 10(4), 772–780.

Idris, & Kasmo, A. B. P. (2018). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif Dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Minat Kepemilikan Kartu Kredit. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(3), 306–332. https://doi.org/10.31843/jmbi.v4i3.126

Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Oentario, Y., Harianto, A., & Irawati, J. (2017). Pengaruh Usefulness, Ease of Use, Risk Terhadap Intentionto Buy Onlinepatisserie Melalui Consumer Attitude Berbasis Media Sosial Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(1), 26–31. https://doi.org/10.9744/pemasaran.11.1.26-31

Patty, R. (2014). Pengaruh Technology Acceptance Model Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Pada Online Shop Grifabell. Jurnal Administrasi Bisnis, 10(2), 112–129.

Santoso, B. (2012). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Perceived Enjoyment Terhadap Penerimaan Teknologi Informasi. Jurnal Studi Akuntansi Indonesia, 1–15.

Saputri, M. E. (2016). Pengaruh perilaku konsumen terhadap pembelian. Sosioteknologi, 15(2), 292–297.

Tangke, N. (2004). Analisa Penerimaan Penerapan Teknik Audit Berbantuan Komputer (Tabk) Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam) Pada Badan Pemeriksa Keuangan (Bpk) Ri. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 6(1), 10–28. https://doi.org/10.9744/jak.6.1.pp.10-28


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter