ANALISIS EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN ATAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN PADA PG SOEDHONO NGAWI

Intan Rahmawati, Isharijadi Isharijad𝐢, Elly Astuti

Abstract


Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pengendalian intern atas sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan pada PG. Soedhono Ngawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan pada PG. Soedhono Ngawi cukup efektif karena sudah sesuai dengan PKB, tetapi untuk prosedur lembur kerja karyawan dinilai belum efektif karena belum sesuai dengan SOP dari kantor direksi. Pengendalian intern atas sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan pada PG Soedhono Ngawi di nilai belum efektif.

Full Text:

PDF

References


Damayanti, D. I., Lestari, T., Mahsina (2017). Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi

atas Siklus Penggajian pada Perusahaan Outsourching untuk Menghindari Adanya Kecurangan pada PT. Human In Partner Surabaya.Jurnal Ekonomi Akuntansi Vol. 3 Issue 3.Universitas Bhayangkara Surabaya.Diunduh 27 Februari 2018.

Damayanti, N, Dwiatmanto dan Azizah, D. F. (2015). EvaluasiEfektivitas Pengendalian Intern atas Sistem Penggajian dan Pengupahan (Studi Kasus pada PT. Karyamitra Budisentosa Pandaan-Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol.3 No.1.Universitas Brawijaya Malang (administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id,diunduh 08 Februari 2018).

Endang. (2016). Analisis Sistem Pengendalian Internal atas Sistem Penggajian Karyawan Pelaksana pada PT. Perkebunan Mitra Ogan (Kebun Batanghari Leko) Jurnal Akuntansi Politeknik Sekaya (ACSY) Vol. V No. 2. STIE Rahmaniyah Sekayu.Diunduh 26 Februari 2018.

Fibriyanti, Y. V. (2017). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penggajian dalam Rangka Efektivitas Pengendalian Internal Perusahaan (Studi Kasus pada PT. Populer Sarana Medika, Surabaya).Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi Vol. II

No.1 Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.Diunduh 26 Februari

Jiwandono, D., Topowijono, Yaningwati, F. (2017). Analisis Sistem Akuntansi Penggajian dan Pengupahan dalam Rangka Mendukung Pengendalian pada Pabrik Gula Lestari Patianrowo Kabupaten Nganjuk). Bisnis (JAB) Vol. 51 No. 2. UniversitasBrawijaya Malang (administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id,diunduh 08 Februari Krismiaji. (2015). Sistem Informasi Akuntansi .Edisi Keempat. Yogyakarta: UPP-STIM Jurnal Administrasi Intern (Studi YKPN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




FIPA: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi is indexed by

     
      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter